Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ramadan Market Jadi Kalender Wisata Kota Malang

Kegiatan yang digelar pada  10 – 16 April 2023 di Lapangan Sudimoro, Malang, itu merupakan kali pertama digelar di Kota Malang.
Founder J99 Corp, Gilang W. Pramana (kiri) dan Shandy Purnamasari serta dai , Gus Miftah, melihat stan di Ramadan Market Kota Malang, Rabu (12/4/2023)./Bisnis-Choirul Anam
Founder J99 Corp, Gilang W. Pramana (kiri) dan Shandy Purnamasari serta dai , Gus Miftah, melihat stan di Ramadan Market Kota Malang, Rabu (12/4/2023)./Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG — Ramadan Market Kota Malang yang memadukan kegiatan belanja, rekreasi, dan pengajian, ditetapkan menjadi kalender wisata tahunan di kota tersebut.

Founder J99 Corp, Gilang W. Pramana, mengatakan kegiatan yang digelar pada  10 – 16 April 2023 di Lapangan Sudimoro, Malang, itu merupakan kali pertama digelar di Kota Malang.

“Saya sudah lapor kepada Pak Wali (Wali Kota Malang, Sutiaji) dan beliau setuju untuk menjadikan Ramadan Market menjadi kalender wisata tahunan di Kota Malang,” ujarnya di Malang, Rabu (12/4/2023).

Karena didesain untuk kalender wisata, kata dia, maka kegiatan tersebut digelar menjelang Lebaran. Pertimbangannya, Kota Malang sebagai tujuan mudik, sudah banyak yang berdatangan ke kota tersebut sehingga dapat menikmati kegiatan tersebut.

Ramadan Market yang didukung J99 Corp, kata dia, didesain untuk memberikan pengalaman baru yang bermanfaat dan menyenangkan sekaligus merangkul para pelaku usaha kecil dan menengah

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, masyarakat mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB dapat menikmati rangkaian kegiatan sebagai wadah ekspresi, sarana menambah ilmu, sekaligus hiburan dalam balutan suasana Ramadan.

Setiap harinya, masyarakat dapat menikmati bazar kuliner, fashion dan beauty berkonsep pasar malam tradisional dengan sentuhan nuansa Ramadan. Lapangan Sudimoro di Kota Malang disulap menjadi taman ria, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan, dilengkapi berbagai wahana seru untuk berbagai kalangan, termasuk keluarga.

"Ramadan Market, bukan hanya sekedar pasar tempat kegiatan jual beli, namun ingin menjadi wujud nyata kontribusi J99 Corp. untuk senantiasa memberikan pengalaman baru yang bermanfaat dan menyenangkan bagi masyarakat khususnya di Kota Malang,” ucapnya.

Lewat kegiatan tersebut, kata dia, juga merupakan wadah bagi pembinaan UMKM. UMKM diharapkan dapat meningkatkan visibilitas, eksposur, dan penambahan value.

“Lewat kegiatan kami harapkan UMKM dapat naik kelas sehingga menjadi perusahaan yang dapat go national karena untuk menjadi peserta harus dikurasi terlebih dulu,” ujarnya.

CEO J99 Corp., Danang Dwi Yuanto,  mengatakan selain mendukung kemajuan para pelaku usaha, kegiatan tersebut juga diharapkan bisa menyediakan sarana ngabuburit dan berbuka bersama untuk berbagai kalangan, mulai dari anak muda, keluarga hingga kelompok masyarakat lainnya.

Warga kota Malang dan sekitarnya hingga pemudik yang datang bisa menikmati hiburan, berbelanja dengan harga istimewa, hingga nge-charge pengetahuan agama melalui pendakwah yang setiap hari hadir.

“Semoga Ramadan Market yang dilakukan J99 Corp. tahun ini bisa menjadi titik awal adanya aktivitas rutin tahunan di bulan puasa khususnya di kota Malang yang dinanti masyarakat.”

Berbagai wahana khas pasar malam, seperti carousel, ferris wheel, hingga mini train serta games ketangkasan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Ramadan Market menjadi pilihan bagi masyarakat kota Malang untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar sesama muslim, serta meningkatkan pemahaman dan syiar Islam melalui kehadiran dan partisipasi dari tokoh-tokoh agama terkemuka.

Dai kondang, Gus Miftah, mengatakan pada zaman sekarang, bukan tidak mungkin untuk menyatukan hiburan dan tambahan pengetahuan khususnya agama dalam kemasan yang menyenangkan. Semuanya sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern yang harus diwadahi dengan baik.

Rancangan kegiatan Ramadan Market dari J99 Corp. menjadi sebuah terobosan menyegarkan, apalagi setiap harinya disisipkan tausiyah untuk penebalan iman pada Ramadan.

“Artinya, event ini cocok untuk menjadi tombo ati bagi para pengunjung yang datang khususnya warga Malang dan sekitarnya,” ujarnya yang menjadi pengisi acara di J99 Corp. Ramadan Market.

Gilang menambahkan, Ramadan Market terinspirasi gelaran serupa di Turki. Pada setiap Ramadan, di halaman masjid di sana digelar pasar untuk memenuhi kebutuhan jamaah.

Menurut Gus Miftah, sebenarnya gelaran serupa dengan nuansa berbeda juga digelar di Taiwan dan Hongkong. “Ramadan Market kami harapkan bisa menjadi sarana untuk membangkitkan ekonomi umat sehingga dapat berkembang bersama,” ujarnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler