Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cuan Sektor Usaha Logistik di Jateng Kian Ngebul Jelang Lebaran

Pengusaha truk catat peningkatan permintaan angkutan selama Ramadan, komoditas pokok mendominasi.
Sejumlah truk mengantre./Bisnis
Sejumlah truk mengantre./Bisnis

Bisnis.com, SEMARANG - Bambang Widjanarko, Wakil Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah, mengungkapkan bahwa pengusaha logistik tengah meraup banyak cuan jelang momen Idulfitri. Sepanjang bulan suci Ramadan, peningkatan kebutuhan pokok masyarakat berimbas pada tingginya intensitas pengiriman sejumlah komoditas.

"Sekarang banyak antar kebutuhan supermarket, makanan, pakaian. Dari Jakarta arahnya ke Sumatera, Pulau Jawa ke arah timur sampai Bali. Yang ke Kalimantan dan Sulawesi biasanya lewat kapal laut. Semua daerah ramai kalau Jawa Tengah," ucap Bambang saat dihubungi Bisnis, Selasa (11/4/2023).

Bambang mengakui bahwa secara ritase atau intensitas bolak-balik pengemudi truk, tidak terlihat perubahan yang signifikan. Namun demikian, peningkatan terlihat dari banyaknya pengusaha yang mencari jasa pengiriman atau logistik dari Jawa Tengah. "Ritase memang meningkat sedikit, tapi kebutuhan truknya jauh lebih banyak," jelasnya.

Peningkatan geliat sektor usaha logistik sudah terjadi setidaknya selama beberapa pekan terakhir. Kondisi tersebut, menurut Bambang, biasanya bakal bertahan hingga sepekan jelang Idulfitri. Pada saat itulah, pengemudi truk bakal alih profesi untuk sementara waktu.

Supir-supir yang biasanya membawa truk, selama Idulfitri, biasanya bakal ganti membawa bus penumpang. Bambang menyampaikan bahwa pekerjaan sambilan itu bisa bertahan hingga seminggu setelah Lebaran, tergantung banyak tidaknya pemudik yang memilih moda transportasi darat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa pada Idulfitri tahun ini diperkirakan jumlah pemudik yang bepergian bakal mencapai 123 juta orang. Angka yang tidak sedikit itu tak cuma membawa berkah bagi pengusaha sektor transportasi, seperti yang diceritakan Bambang, bukan tidak mungkin pengemudi truk ikut ketiban cuan tambahan saat puncak musim mudik tahun ini.

Pada perkembangan lainnya, PT Pertamina Patra Niaga memperkirakan, kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta bakal mengalami peningkatan yang signifikan pada Idulfitri mendatang. BBM jenis gasoline seperti Pertalite dan Pertamax Series diperkirakan mengalami kenaikan permintaan hingga 29 persen jika dibandingkan dengan kebutuhan periode Januari-Februari 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper