Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Jatim Berlakukan Penukaran Uang Pendaftaran Online, Cek Kuotanya

Calon penukar di layanan drive thru yang telah mendaftar di aplikasi PINTAR ini disediakan kuota sebanyak 75 persen dari total kuota harian.
Poster layanan penukaran uang di Bank Indonesia./Dok. BI Jatim
Poster layanan penukaran uang di Bank Indonesia./Dok. BI Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur memberlakukan layanan penukaran uang secara drive thru dengan memprioritaskan masyarat yang telah mendaftar secara online melalui aplikasi PINTAR di https://pintar.bi.go.id.

Kepala BI Jatim, Budi Hanoto mengatakan prioritas tersebut dilakukan agar masyarakat dapat melakukan penukaran uang dengan mudah, aman dan nyaman pada saat mengantre.

“Calon penukar di layanan drive thru yang telah mendaftar di aplikasi PINTAR ini disediakan kuota sebanyak 75 persen dari total kuota harian yang telah ditambah saat ini sebanyak 2.500 kuota per hari, sedangkan 25 persen lainnya juga tetap melayani penukar yang tidak mendaftar secara online,” katanya dikutip dalam rilis, Kamis (30/3/2023).

Adapun pemesanan melalui PINTAR dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru di setiap minggunya sepanjang kuota masih tersedia. Sebagai contoh, untuk layanan drive thru penukaran uang pada 1 April 2023, pemesanan melalui aplikasi PINTAR baru dapat diakses sejak Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 WIB. 

Pada waktu yang sudah dipilih, penukar PINTAR dapat datang ke lokasi penukaran dengan membawa print out/screenshoot bukti pemesanan disertai dengan KTP Asli penukar. Dalam hal penukar menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimal tiga bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP Asli penukar yang menitip.

“Layanan penukaran uang drive thru juga menerima penukaran baik secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS,” imbuh Budi.

Layanan drive thru penukaran uang dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu di halaman Kantor Perwakilan BaI Jatim selama Ramadan dari 25 Maret – 16 April 2023.

Masyarakat juga dapat melakukan penukaran pada outlet-outlet bank yang telah diberikan tanda khusus berupa Spanduk Layanan Penukaran Uang dengan jadwal Bank Umum pada Selasa, Rabu, Kamis pukul 08.30 – 11.30 WIB, dan BPR pada Senin dan Jumat, pukul 08.30 – 11.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper