Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Berbuka Puasa

Gorengan mengandung banyak tepung dengan kalori tinggi dan minyaknya tidak baik untuk tubuh.
Warga memilih beberapa menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa./Bisnis-Nurul Hidayat.
Warga memilih beberapa menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa./Bisnis-Nurul Hidayat.

Bisnis.com, MALANG — Beberapa makanan harus dihindari saat berbuka Ramadan karena dapat mengganggu kesehatan seperti gorengan, makanan mengandung gula berlebih, kandungan lemak tinggi, dan kafein.

Dosen Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Malang,  Fatimah Masyhur, mengatakan gorengan dapat menyebabkan gangguan dalam proses pemompaan darah.

“Gorengan mengandung banyak tepung dengan kalori tinggi dan minyaknya tidak baik untuk tubuh,” katanya, Selasa (28/3/2023).

Dampak buruknya bagi kesehatan, kata dia, jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan memengaruhi sistem kerja tubuh, seperti kardiovaskuler atau pemompaan darah.

Selain itu gorengan, kata dia, juga penting menghindari makanan yang mengandung gula berlebih, kandungan lemak yang tinggi atau jenuh, serta makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.

Menurut dia, menu yang seimbang dan mengandung cukup protein nabati dan hewani, sayur, buah, serta air putih sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan rambut.

Selain itu, protein juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, membantu menghasilkan enzim dan hormon, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Fatima juga menekankan bahwa kebutuhan protein tiap orang berbeda. Tergantung usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan kondisi kesehatan.

“Oleh karena itu, sebaiknya mengonsumsi protein dari berbagai jenis sumber, baik hewani maupun nabati dengan proporsi yang baik,” ucapnya.

Adapun mereka yang memiliki penyakit tertentu, dia mengingatkan, harus  menghindari makanan-makanan pantangan. Seperti penderita asam urat, sebaiknya menghindari makanan seperti anggur, udang, nanas, dan kacang-kacangan. Sedangkan untuk orang yang menderita diabetes melitus, makanan yang mengandung glukosa yang tinggi harus dihindari serta junk food dan sejenisnya.

“Kita juga perlu menghindari makanan modern seperti fast food atau junk food saat berbuka karena mengandung karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan glukosa darah dengan cepat,” ujarnya.

Pilihan tepat untuk berbuka, yakni karbohidrat, protein, sayur, dan buah sesuai porsinya. Juga, vitamin serta mineral.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper