Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Kereta Api Jarak Jauh Tambahan Lebaran di Surabaya, Ada 81.560 Kursi

Ada 81.560 tempat duduk KA jarak jauh atau rata-rata 5.330 tempat duduk per hari untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta.
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022)./Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SURABAYA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menambah 81.560 tempat duduk KA jarak jauh atau rata-rata 5.330 tempat duduk per hari untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Banyuwangi dan lainnya menjelang momen Lebaran 2023.

"KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat guna mudik menggunakan kereta api pada momen Lebaran 2023," ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya yang diterima di Surabaya, Selasa (14/3/2023) pagi.

Selain itu, pihaknya menyiapkan tiket kereta api tambahan untuk masa Angkutan Lebaran tersebut yang mulai dijual pada Senin 13 Maret 2023 yang dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI.

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," katanya.

Hadirnya KA tambahan ini, lanjutnya, menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Lebaran.

"Hal ini juga merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Sementara itu, menurut dia, berdasarkan pantauan pada Minggu 12 Maret 2023, tiket KA Jarak Jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023 yang telah terjual untuk keberangkatan KA pada periode 12 s.d 27 April 2023 adalah 116.204 tiket atau 28 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan sebanyak 418.807 tiket.

"Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung," kata Luqman.

Adapun perjalanan KA yang masuk lima besar dalam okupansi yang telah dipesan diantaranya KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, dan KA Sritanjung relasi Banyuwangi – Surabaya Gubeng – Lempuyangan PP.

Kemudian KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong PP, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi – Pasar Senen PP, serta KA Matarmaja relasi Pasar Senen – Malang PP.

"Pemesanan tiket tertinggi pada masa mudik Angkutan Lebaran 2023 ini terpantau di tanggal 20 April 2023 sebanyaik 59 persen dari kapasitas tempat duduk atau sebanyak 15.516 tiket terpesan," ujarnya.

Berikut adalah daftar KA tambahan di wilayah Daop 8 Surabaya pada masa Angkutan Lebaran 2023:
1. KA Sancaka Tambahan (Surabaya Gubeng - Yogyakarta pp),
2. KA Arjuno Ekspres (Surabaya Gubeng - Malang pp),
3. KA Gajayana Tambahan (Malang - Gambir pp),
4. KA Sembrani Tambahan (Surabaya Pasarturi - Gambir pp),
5. KA Kertajaya Tambahan (Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp),
6. KA Malioboro Ekspres (Malang - Yogyakarta pp),
7. KA Pasundan Tambahan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong pp),
8. KA Tambahan Sbi - Sgu - Gmr (Surabaya Pasarturi - Surabaya Gubeng - Gambir pp).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper