Wisata Romokalisari Surabaya Dilengkapi Area Mini Zoo

Di Romokalisari Adventure Land, pengunjung juga bisa merasakan sensasi memberi makan hewan dan telah disediakan pedagang khusus makanan satwa.
Pengunjung Romokalisari Adventure Land memberi makan rusa di area Mini Zoo. Dok. Pemkot Surabaya
Pengunjung Romokalisari Adventure Land memberi makan rusa di area Mini Zoo. Dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA — Pemerintah Kota Surabaya melengkapi kawasan wisata Romokalisari Adventure Land dengan fasilitas Mini Zoo yang koleksi satwanya semakin bertambah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menjelaskan Mini Zoo Romokalisari Adventure Land saat ini sudah dilengkapi satwa burung. Setidaknya ada delapan jenis burung/unggas yang siap dikunjungi wisatawan.

"Dari awal Romokalisari Adventure Land memang kita siapkan ada Mini Zoo seluas 600 - 800 meter. Mulai dari ikan, rusa, kura-kura, kelinci dan domba hias. Kemudian yang terbaru juga ada beberapa jenis satwa burung," katanya dalam rilis, Rabu (18/1/2023).

Dia menjelaskan, sejumlah satwa burung dengan beragam jenis tersebut, berada di satu kompleks wahana Mini Zoo. Delapan jenis burung/unggas yang saat ini mengisi koleksi Mini Zoo Romokalisari Adventure Land itu di antaranya adalah burung Jalak Hitam ada 6 ekor, Jalak Suren 6 ekor, burung Murai 6 ekor, burung Nuri 6 ekor, burung Falk (Parkit Australia) 6 ekor, burung Kepodang 6 ekor, burung Gelatik ada 6 ekor dan Ayam Golden Pheasant ada 3 ekor.

“Satwa lainnya juga ada Kura-kura Sulcata ada 8 ekor, Domba Merino ada 10 ekor dan Kelinci Rex Dewasa sebanyak 33 ekor,” imbuhnya.

Antiek mengatakan, animo masyarakat berkunjung ke Romokalisari Adventure Land saat ini cukup tinggi. Terutama, saat libur Tahun Baru 2023 dan pada saat akhir pekan.

”Pada saat libur Tahun Baru itu bisa 2.000 hingga 3.000 kunjungan per hari. Sedangkan hari normal khususnya Sabtu - Minggu kunjungannya bisa mencapai 500 hingga 1.000,” ujarnya.

Dia menambahkan, di Romokalisari Adventure Land, pengunjung juga bisa merasakan sensasi memberi makan hewan dan telah disediakan pedagang khusus makanan satwa.

"Yang menjual makanan satwa adalah warga MBR [masyarakat berpenghasilan rendah] di sana. Jadi pengunjung yang datang bisa kasih makan kelinci, makan rusa, domba dan kura-kura," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper