Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Diminta Bersiap Hadapi Kelangkaan Pupuk

Jatah alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat untuk musim tanam 2022 berkurang.
Seorang petani sedang menabur pupuk./Getty  Image
Seorang petani sedang menabur pupuk./Getty Image

Bisnis.com, MADURA - Pemerintah Kabupaten Sampang menyarankan para petani di wilayah itu agar menggunakan pupuk kandang guna mengatasi kelangkaan peredaran pupuk bersubsidi di wilayah itu dalam sepekan terakhir ini.

"Selain pupuk kandang, untuk sementara petani bisa menggunakan pupuk non-subsidi," kata Kepala Bidang (Kabid) Penyuluh dan Hortikultura pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan-KP) Pemkab Sampang Nurdin di Sampang, Jawa Timur, Rabu (21/12/2022).

Ia menjelaskan, kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Sampang terjadi, akibat sistem distribusi dari agen ke kios yang tidak teratur. Pengiriman sering lambat, sehingga petani kesulitan untuk mendapatkan jatah beli pupuk bersubsidi itu.

Selain itu, sambung dia, jatah alokasi pupuk bersubsidi dari pemerintah pusat untuk musim tanam 2022 berkurang.

Tahun 2022 ini alokasi pupuk bersubsidi hanya 30.258 ton untuk pupuk jenis urea. Pada tahun 2021, jatah alokasi pupuk subsidi jenis urea yang diterima Kabupaten Sampang sebanyak 35.800 ton.

"Jadi, alokasinya berkurang sebanyak 5.542 ton dibanding tahun 2021," katanya.

Selain urea, jenis pupuk subsidi lain yang alokasinya untuk Kabupaten Sampang juga turun adalah ZA, SP-36, NPK, Petroganik, serta pupuk cair. Jumlah penurunannya berkisar 1 hingga 5 ton.

Untuk alokasi jenis pupuk ZA turun dari 10.855 ton menjadi 9.033 ton, SP-36 dari 14,104 ton menjadi 10.086 ton, dan NPK dari 21,205 ton menjadi 19.831 ton.

"Tapi, ada juga yang jatahnya naik, yakni Petroganik dari 11,490 ton menjadi 23.451 ton, serta pupuk cair kini sebanyak 2,83 ribu liter," ujarnya.

Kabid Penyuluh dan Hortikultura Dispertan-KP Pemkab Sampang Nurdin lebih lanjut menjelaskan, pihaknya telah melaporkan kondisi kelangkaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Sampang itu kepada pemerintah pusat.

"Hasilnya, kita akan mendapatkan tambahan sebanyak 360 ton untuk musim tanam 2023 ini," tuturnya

Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya meminta para petani di Kabupaten Sampang untuk mencari solusi alternatif untuk mengatasi kelangkaan pupuk bersubsidi yang sedang dialami para petani di wilayah itu.

Cara dengan membuat pupuk organik atau menggunakan pupuk kandang, sehingga kebutuhan pupuk bagi petani tetap terpenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper