Meriahkan Festival Tani Loemadjang 2022, Pupuk Kaltim Jajaki Perluasan Agrosolution untuk Komoditas Pisang

Pupuk Kaltim mengenalkan berbagai produk dan program unggulan perusahaan, serta mengedukasi petani terkait peningkatan daya dukung lahan dan pemupukan berimbang
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mengunjungi booth Pupuk Kaltim di Festival Tani Loemadjang di Kabupaten Lumajang Jawa Timur pada 2-3 Desember 2022./JIBI-Istimewa
Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat mengunjungi booth Pupuk Kaltim di Festival Tani Loemadjang di Kabupaten Lumajang Jawa Timur pada 2-3 Desember 2022./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, LUMAJANG—Tingkatkan dukungan dalam mendorong sektor pertanian nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) turut meriahkan Festival Tani Loemadjang di Kabupaten Lumajang Jawa Timur selama dua hari, pada 2-3 Desember 2022. Pada kesempatan itu, Pupuk Kaltim mengenalkan berbagai produk dan program unggulan perusahaan, sekaligus mengedukasi petani terkait peningkatan daya dukung lahan serta produktivitas hasil melalui pola pemupukan berimbang. Dalam acara tersebut, Pupuk Kaltim membuka booth agar petani dan masyarakat umum bisa bertanya-tanya seputar pertanian dan pemupukan yang diwakili oleh tenaga pemasar Pupuk Kaltim wilayah Jawa Timur Bagian Timur, Achmad Muzakki, Anne Afriani, dan Imam.

VP Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim, Indah Febrianty, mengungkapkan sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang agroindustri, Pupuk Kaltim terus berupaya meningkatkan kontribusi dalam mendorong kemajuan sektor pertanian tanah air secara siginifikan. Hal ini mendasari keterlibatan perusahaan pada Festival Tani Loemadjang tahun ini, agar para petani setempat makin familiar akan berbagai produk unggulan Pupuk Kaltim disamping program pendampingan yang digagas untuk memberikan manfaat serta nilai tambah bagi petani.

"Terlebih Kabupaten Lumajang terkenal akan komoditas pisang sebagai salah satu sektor pertanian andalan. Maka dengan kegiatan ini, Pupuk Kaltim sekaligus menjajaki kerja sama program Agrosolution agar produktivitas pisang di Lumajang dapat semakin dikembangkan," ujar Indah.

Menurut Indah, Pupuk Kaltim memiliki berbagai produk unggulan yang cocok dengan kebutuhan tanaman pisang, salah satunya NPK Pelangi JOS sebagai produk terbaru yang menggabungkan fungsi pupuk kimia dan hayati dalam satu kemasan yang mampu menjaga daya dukung lahan secara berkesinambungan.

Selain itu Pupuk Kaltim juga memiliki produk Urea Daun Buah, NPK Pelangi, serta pupuk hayati Ecofert dan Biodex sebagai pupuk hayati yang juga telah teruji kualitasnya. Sehingga dengan program Agrosolution, Pupuk Kaltim dapat memberikan edukasi dan pendampingan langsung pola pemupukan berimbang, agar produktivitas hasil semakin tercapai serta memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap kesejahteraan petani.

"Melalui pola pemupukan berimbang menggunakan produk Pupuk Kaltim pada program Agrosolution, diharap komoditas pisang Kabupaten Lumajang semakin signifikan dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani seiring tingginya produktivitas hasil yang didapatkan," tutur Indah.

Pupuk Kaltim meyakini dengan produk komprehensif serta dukungan kemitraan melalui program Agrosolution, akan mampu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani di Lumajang. Sehingga komoditas andalan Kota Pisang ini semakin dikenal di pasar lokal dan nasional, dengan kualitas yang jauh lebih baik. Hal ini sejalan dengan misi Pupuk Kaltim dalam menghadirkan produk sesuai standar SNI, dengan mengedepankan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan pertanian masa kini.

"Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus berinovasi melalui produk berkualitas, sekaligus meningkatkan kontribusi dalam menjaga ketahanan pangan nasional serta peningkatan produktivitas pertanian di berbagai sektor di seluruh wilayah Indonesia," tambah Indah.

Produk Pupuk Kaltim yang dipamerkan dalam Festival Tani Loemadjang di Kabupaten Lumajang Jawa Timur selama dua hari, pada 2-3 Desember 2022./JIBI-Istimewa
Produk Pupuk Kaltim yang dipamerkan dalam Festival Tani Loemadjang di Kabupaten Lumajang Jawa Timur selama dua hari, pada 2-3 Desember 2022./JIBI-Istimewa

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, menyampaikan pisang merupakan komoditas unggulan daerah yang mampu menghidupi dan menyejahterahkan para petani, dan diharap terus dikembangkan guna mendapatkan pasar secara optimal. Pada kesempatan itu, Thoriqul Haq juga mengenalkan pisang Pasak Kresek sebagai salah satu unggulan selain Pisang Agung dan Pisang Mas Kirana yang banyak dikenal masyarakat.

Dijelaskannya, pisang pasak kresek memiliki beberapa keunggulan, yakni memiliki ketahanan terhadap virus. Selain itu pisang dengan cita rasa manis dan lembut ini juga memiliki harga bagus di pasaran, berkisar Rp500 - Rp700 ribu per tandan.

"Semoga pisang pasak kresek mampu mendapatkan pasar yang optimal, dan untuk menjaga kualitas produk, bibit pisang jenis ini dapat terus dijaga dengan baik," ucap Thoriqul Haq.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper