Pelindo Daya Sejahtera Berikan Edukasi Kesehatan di Lingkungan Padat Penduduk di Surabaya

Program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang Kesehatan PT Pelindo Daya Sejahtera mengadakan kegiatan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat
Foto: Dok. PT Pelindo Daya Sejahtera
Foto: Dok. PT Pelindo Daya Sejahtera

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS) mengadakan kegiatan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada para Siswa di SD Al- Istiqomah Surabaya Perak Barat, Kec. Pabean Cantikan, Kota Surabaya (26/10/2022). Sosialisasi PHBS ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan sejak dini kepada para siswa, sekaligus melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang Kesehatan.

Sosialisasi dibuka dengan mengajarkan nyanyian cuci tangan yang disertai dengan gerakan mencuci tangan yang benar kepada para siswa. Setelah para siswa mampu mengingat gerakan cuci tangan melalui lagu, selanjutnya siswa diajak untuk melakukan praktek cuci tangan dan sikat gigi yang baik dan benar. Sosialisasi ini diikuti oleh 75 orang siswa yang menyambut dengan antusias.

Praktek cuci tangan dan gosok gigi dipandu oleh para dokter gigi, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), karyawan PDS, dan Suroso Wahyu Prihartono, Direktur Utama PT Pelindo Daya Sejahtera. Untuk menunjang kelancaran sosialisasi PHBS, PDS juga menyediakan paket alat mandi dan kebersihan bagi seluruh peserta.

SD Al-Istiqomah dipilih sebagai sasaran program TJSL PDS karena terletak di pemukiman padat penduduk.
Dengan tingginya jumlah penduduk, jarak antar rumah penduduk semakin sempit dan produksi sampah rumah tangga semakin tinggi. Kondisi ini seringkali tidak diimbangi dengan manajemen sampah dan kebersihan yang baik, sehingga masyarakat di wilayah ini rentan terkena penyakit.

“Kami memilih untuk melakukan sosialisasi PHBS kepada anak-anak usia sekolah sebagai bentuk tindakan
preventif. Di lingkungan ini, para orang tua murid umumnya bekerja sebagai pedagang asongan dan buruh kasar. Dengan waktu mereka tersita di luar rumah dan minimnya pemahaman terhadap kebersihan, maka anak-anak menjadi rentan terkena penyakit. Mau tidak mau, anak harus belajar menjaga kebersihannya sendiri.” ujar Suroso.

Pelindo Daya Sejahtera Berikan Edukasi Kesehatan di Lingkungan Padat Penduduk di Surabaya

Setelah merebaknya virus COVID-19, gerakan cuci tangan menjadi tindakan preventif yang siginifikan. Tidak hanya mencegah wabah COVID-19, budaya cuci tangan dan gosok gigi secara tepat tergolong investasi kesehatan yang murah dan berdampak besar pada lingkungan. Dengan tangan yang bersih, makanan yang masuk tidak tercampur kuman dan bakteri. Kesehatan gigi yang baik juga berdampak besar dalam proses pencernaan dan penyerapan gizi oleh anak.

“Kami harap para siswa dapat menerapkan budaya cuci tangan dan gosok gigi yang benar, agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit,” ujar Suroso, “Kalau tidak sehat, ya tidak bisa sekolah. Kalau tidak masuk sekolah, nanti bisa ketinggalan pelajaran. Jadi peningkatan mutu pendidikan juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan masyarakat,” pungkas Suroso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper