Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pacu Produksi Tebu, PTPN X Optimalkan Aset Lahan

Perseroan masih memiliki beberapa lahan di wilayah Jember dan kabupaten lain di Jatim yang pengelolaanya masih berada di masyarakat.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 13 Oktober 2022  |  14:35 WIB
Pacu Produksi Tebu, PTPN X Optimalkan Aset Lahan
Proses optimalisasi aset lahan PTPN X di Jember yang diambil kembali dari warga. - Dok. PTPN X
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA — PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X berupaya untuk meningkatkan produksi tanaman tebu sebagai bahan baku utama gula melalui optimalisasi aset lahan yang selama ini dikuasai oleh warga.

Direktur PTPN X, Tuhu Bangun mengatakan perseroan masih memiliki beberapa lahan di wilayah Jember dan kabupaten lain di Jatim yang pengelolaanya masih berada di masyarakat.

“Pengambilalihan kembali aset perusahaan ini akan secara maraton kami lakukan dengan berkoordinasi dan komunikasi kepada seluruh stakeholder sehingga aset negara di bawah PTPN X dapat berkontribusi kepada pemerintah dan umumnya kepada seluruh masyarakat,” katanya dalam rilis, Kamis (13/10/2022).

Dia mengatakan optimalisasi lahan juga baru saja diwujudkan melalui pengamanan aset PTPN X di Desa Klatakan, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember seluas 4,4 ha. Lahan tersebut kini mulai ditanami tebu untuk memasok kebutuhan bahan baku tebu (BBT) pada musim giling tahun depan.

Sebelumnya, lahan seluas 4,4 ha tersebut dikuasai oleh warga Jember sejak puluhan tahun, dan pada Oktober 2022 akhirnya berhasil dikembalikan kepada manajemen PTPN X berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jember.

“Proses pengambilalihan aset di Desa Klatakan ini berjalan secara baik dan kondusif, tanpa adanya kendala yang berarti. Kerja sama dari berbagai pihak juga mendukung kelancaran proses tersebut, dan seluruh pihak PTPN X terlibat untuk melakukan koordinasi dan komunikasi kepada seluruh stakeholder,” ujarnya.

Tuhu menambahkan, lahan di Desa Klatakan ini nantinya tidak hanya difungsikan untuk penanaman komoditas tebu sebagai bahan baku gula tetapi juga komoditas lain seperti tembakau dan edamame.

“Kami berharap pengelolaan lahan di desa ini akan meningkatkan produktivitas tanaman PTPN X dan bisa memberikan dampak untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tebu ptpn x
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top