Wiragati Sinergikan Peraturan Undang-Undang Tentang Bangunan

Wiragati Karya Sinergi hadir memberikan informasi pentingnya memiliki izin Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk bangunan
Foto : Dendi Fairdyanto - Dirut Wiragati, Warsito Ekoputri - KADIS KADIN Ketenagakerjaan, Tety Yuliana - KADIS DPMPTSP, Frans Kongi - Ketia DPP APINDO Jawa Tengah, Adi Andreawan - CEO Wiragati
Foto : Dendi Fairdyanto - Dirut Wiragati, Warsito Ekoputri - KADIS KADIN Ketenagakerjaan, Tety Yuliana - KADIS DPMPTSP, Frans Kongi - Ketia DPP APINDO Jawa Tengah, Adi Andreawan - CEO Wiragati

Bisnis.com, BREBES - Berkesempatan turut serta di acara APINDO yang diselenggarakan di Hotel Grand Dian, Brebes, Wiragati Karya Sinergi hadir memberikan informasi pentingnya memiliki izin Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk bangunan yang telah selesai dibangun dan telah memenuhi persyaratan kelaikan teknis sesuai fungsi bangunan.

Pentingnya memiliki SLF sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2021 dan mengacu Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung serta ketentuan mengenai penampilan bangunan gedung, tata ruang dalam, keseimbangan, dan keselarasan bangunan gedung dengan lingkungannya.

Wiragati bekerja sama dengan jajaran dinas Pemerintah Daerah seperti DPMPTSP dan Pekerjaan Umum untuk proses penerbitan SLF bagi pabrik atau gedung yang dinyatakan layak sesuai fungsinya dari lingkup Arsitektur, Perhitungan Struktur, Elektrikal, Mekanikal dan Keilmuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“SLF adalah langkah awal untuk mendeteksi, apakah bangunan atau gedung, sudah sesuai sebagai fungsinya, dimana gedung yang fungsikan banyak hal, apakah sudah cukup memenuhi sebagai gedung yang aman, sehat, mudah, dan nyaman (terutama ketika terjadi bencana kebakaran/gempa/banjir).” Kata Dendi.

SLF bukanlah solusi untuk bisa terhindar bebas dari segala bentuk resiko diatas, namun dengan menggunakan perhitungan ulang, SLF dinilai sebagai langkah awal untuk pendekteksian dini dalam hal antisipasi dari resiko yang timbul bisa jadi karena human error atau resiko murni dari bencana alam/force majeur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper