Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Probolinggo Tetapkan Kejadian Luar Biasa Difteri

Surat edaran tentang antisipasi difteri untuk daerah-daerah, termasuk wilayah Probolinggo maupun daerah lainnya, telah diterbitkan.
Ilustrasi vaksinasi./Antara
Ilustrasi vaksinasi./Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, dr Erwin Astha Triyono membenarkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

"Kebetulan ada informasi dari Dinkes Kabupaten Probolinggo pada bulan Maret sampai Agustus itu ada masing-masing satu kasus. Dengan adanya ketemu satu kasus sehingga Dinkes Probolinggo menyatakan KLB," ujar Erwin saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (30/8/2022)

Status KLB itu, klaim Erwin, langsung menjadi atensi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim. Pihaknya membantu dalam tanda kutip menerbitkan surat rekomendasi yang sudah diedarkan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

"Surat edaran itu tentang antisipasi untuk daerah-daerah, termasuk wilayah Probolinggo maupun daerah lainnya," kata dia.

Kedua, lanjut Erwin, pihaknya sudah membuat petunjuk teknis bagaimana cara menyelesaikan KLB difteri tersebut, khususnya di Probolinggo.

Dia mengaku saat ini sudah dilaksanakan khususnya informasi yang sudah beredar yaitu ORI (Outbreak Response Immunization).

"Jadi ORI itu sudah dilaksanakan di Gili Ketapang. Diharapkan nanti ke depan bisa segera terbebas pulau itu dari difteri lanjutan," katanya.

Selain itu, Erwin menyampaikan bahwa pihaknya juga memperhatikan kesehatan anak untuk pencegahan pelabagai penyakit. Orang tua bisa mengakses informasi bulan imunisasi anak nasional.

Diharapkan semua masyarakat yang mempunyai anak sekitar usia sembilan bulan sampai lima tahun mengakses layanan imunisasi.

"Yang nanti diharapkan akhir bulan ini bisa mencapai 95 persen. Sehingga semua daerah baik itu penyakit hepatitis B, HIV dengan meningitis, maupun difteri betul betul bisa dicegah dengan imunisasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper