Pengibaran Bendera Raksasa Tandai HUT RI di Bromo

Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 30 meter melibatkan anak-anak sekolah sekitar dengan menggunakan pakaian khas adat Tengger Bromo dan anak-anak Pramuka.
Bendera Merah Putih berukuran 30 meter dibentangkan di objek wisata Seruni Point Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Minggu (14/8/2022)./Antara-Diskominfo Kabupaten Probolinggo.
Bendera Merah Putih berukuran 30 meter dibentangkan di objek wisata Seruni Point Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Minggu (14/8/2022)./Antara-Diskominfo Kabupaten Probolinggo.

Bisnis.com, PROBOLINGGO - Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur mengibarkan bendera Merah Putih raksasa menjelang peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di objek wisata Seruin Point Gunung Bromo di Desa Ngadisari.

Pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 30 meter dipimpin oleh Pelaksana Tugas Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) dan anak-anak Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo, serta anak-anak sekolah warga Suku Tengger di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura.

"Kegiatan itu melibatkan anak-anak sekolah sekitar dengan menggunakan pakaian khas adat Tengger Bromo dan anak-anak Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo," kata Timbul Prihanjoko dalam rilis yang diterima Antara di Probolinggo, Senin (15/8/2022).

Bendera raksasa dibentangkan oleh anak-anak Kwarcab Pramuka dan anak-anak warga Tengger mulai dari tangga Seruni Point hingga jalan sebagai upaya mengingat akan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

"Itu sebuah kesempatan bagi kita semua untuk menjaga dan terus mempertahankan kemerdekaan dengan mengisi kemerdekaan melalui hal-hal yang positif dan bermanfaat demi kemajuan negara Indonesia," tuturnya.

Ia menjelaskan bangsa Indonesia harus tetap bersatu, menjaga kerukunan dan selalu bergotong royong demi keutuhan bangsa Indonesia, sehingga NKRI merupakan harga mati.

"Kegiatan itu juga dilakukan di wilayah dataran rendah beberapa waktu lalu oleh masyarakat. Momentum HUT Kemerdekaan RI bisa menjadi sarana sebagai ajang untuk memperkuat persatuan dan keberagaman di NKRI," katanya.

Selain itu dilaksanakan pembagian bendera Merah Putih kepada pelaku wisata di kawasan Gunung Bromo karena bendera Merah Putih sebagai simbol negara mampu menguatkan kecintaan rakyat terhadap bangsanya dan bendera Merah Putih tetap harus berkibar.

Timbul mengatakan hal itu merupakan tindak lanjut sehubungan dengan program yang dicanangkan Pemkab Probolinggo yaitu gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih secara gratis di lingkungan kabupaten setempat dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 RI di tahun 2022 dengan tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

"Gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Pemkab Probolinggo merupakan sebuah upaya memupuk semangat nasionalisme khususnya tanggal 17 Agustus 1945 yang telah memproklamasikan kemerdekaan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper