Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemulihan Ekonomi Pacu Pertumbuhan Pendapatan Pakuwon 11,8 Persen

Peningkatan kinerja karena didorong capaian recurring revenue baik dari segmen ritel mal maupun hotel seiring dengan pemulihan ekonomi 2022.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA — PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) pada semester I/2022 mencatatkan kinerja pendapatan bersih sebesar Rp2,75 triliun atau naik 11,8 persen dibandingkan periode sama tahun lalu Rp2,46 triliun.

Direktur dan Sekretaris Perusahaan PWON, Minarto Basuki mengatakan kinerja pendapatan yang positif ini juga diiringi dengan kinerja laba komprehensif pada semester I/2022 sebesar Rp861 miliar atau naik 63,4 persen dibandingkan semester I/2021 yakni Rp527 miliar.

“Peningkatan kinerja pendapatan yang positif ini salah satunya karena didorong capaian recurring revenue yang mencapai Rp1,78 triliun atau naik 34,1 persen dibandingkan 2021,” ujarnya dikutip dalam rilis, Rabu (10/8/2022).

Dia memaparkan capaian recurring revenue pada semester I ini terutama diperoleh dari dari pendapatan ritel mal Rp1,25 triliun naik 25,5 persen dibandingkan tahun lalu Rp999 miliar, dan pendapatan hotel Rp346 miliar naik 97,5 persen dibandingkan tahun lalu Rp175 miliar.

“Baik ritel mal maupun hotel ini terealisasi positif seiring dengan pemulihan ekonomi 2022,” imbuhnya.

Minarto menambahkan sedangkan untuk kinerja pendapatan yang berasal dari development di semester I tahun ini hanya mampu mencapai Rp970 miliar atau turun 14,2 persen dibandingkan tahun lalu Rp1,13 triliun.

“Berdasarkan revenue per segmen, kontribusi terbesar didapatkan dari retail leasing dan condominium sales masing-masing 46 persen dan 24 persen, disusul hotel dan serviced apartments 14 persen, landed houses 9 persen, office leasing 5 persen dan office sales 2 persen,” paparnya.

Sementara untuk capaian marketing sales pada semester I/2022 ini terealisasi Rp800 miliar dengan komposisi penjualan yakni produk landed houses 52 persen serta condominium 41 persen dan office sebesar 7 persen.

“Capaian penjualan ini merupakan hasil dari perpanjangan insentif PPN Ditanggung Pemerintah (DTP) sehingga memacu penjualan sektor properti,” imbuhnya.

Minarto menambahkan, pada semester I tahun ini pun perseroan telah mengucurkan belanja modal sebesar Rp286 miliar terutama untuk membiayai proyek konstruksi Pakuwon Mall Bekasi, untuk renovasi mal serta pembelian tanah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper