Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dok Pantai Lamongan Berhasil Docking Kapal yang Keseribu

Kapal yang mendapatkan nomor project R-1000 adalah MV Meratus Kampar milik PT. Meratus Line.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 07 Agustus 2022  |  02:51 WIB
Dok Pantai Lamongan Berhasil Docking Kapal yang Keseribu
Suasana PT Dok Pantai Lamongan. - Ist

Bisnis.com, LAMONGAN – PT Dok Pantai Lamongan (DPL) berhasil melakukan docking atau menaikkan kapal untuk perbaikan yang keseribu. Perbaikan kapal yang keseribu atau R-1000 ini menjadikan PT DPL sebagai galangan kapal pilihan pertama sekaligus yang memiliki kapasitas docking terbesar di Indonesia timur.

Bahkan di tahun ini ada 17 kapal yang bersamaan melakukan perbaikan di PT DPL. "Pencapaian ini merupakan bentuk partisipasi pengembangan industri maritim di Jawa Timur, khususnya Lamongan," kata Deputy General Manager PT DPL, Zacharias Santoso saat Docking project R-1000 dalam rilis, Sabtu (6/8/2022).

Kapal yang mendapatkan nomor project R-1000 adalah MV Meratus Kampar milik PT. Meratus Line. Hal ini telah sesuai dengan urutan kontrak repair yang masuk ke dalam sistem di PT DPL. Huruf R pada R-1000 adalah singkatan dari repair atau perbaikan.

Zach menuturkan, industri galangan kapal saat ini mulai kembali bergairah setelah sempat lesu akibat pandemi.

Zach mengatakan pihaknya optimistis target perusahaan dapat tercapai. Peningkatan permintaan perbaikan kapal tidak lepas dari mulai kembali bergairahnya perekonomian serta kenaikan harga komoditas seperti batubara.

Dengan kenaikan harga komoditas seperti batu bara, perusahaan pertambangan tentu membutuhkan kapal tongkang. "Kalau membangun tongkang baru memakan waktu, jadi tongkang yang ada dimaksimalkan. Yang cepat ya perbaikan. Di sini perbaikan biasanya antara 14-21 hari kerja," tutur Zach.

Selain itu, kebutuhan transportasi laut untuk angkutan barang juga sangat besar. Bahkan sekitar 94 persen-95 persen lalu lintas barang di negara ini masih dilakukan lewat jalur laut.

Sebagai jaminan kepada customer, PT DPL saat ini sudah mengantongi empat sertifikat yaitu ISO 9001 untuk Sistem Manajemen Mutu, ISO 14001 untuk Lingkungan, dan ISO 45001 serta SMK-3 untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

PT. DPL sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri galangan kapal yakni perawatan, perbaikan (dock repair) dan modifikasi kapal serta pembangunan kapal baru (new ship building).

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan selamat atas docking ke-1000 PT DPL. Ia berharap docking yang ke-10.000 akan tercapai dalam waktu tidak lama lagi.

Yuhronur juga menyampaikan apresiasinya kepada PT DPL yang turut memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah Lamongan di mana sekitar 60 persen karyawannya merupakan putera puteri daerah di sekitar perusahaan.

"Saya berharap nantinya kawasan ini bisa menjadi kawasan industri maritim, menyerap lebih banyak tenaga kerja dari Lamongan dan bisa memberikan kontribusi ke daerah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

galangan kapal kapal pelayaran
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top