Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramadan dan Lebaran, Penyerapan Uang Kartal di BI Malang Mencapai 50 persen

Bank Indonesia Malang sebesar Rp4,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 25 April 2022  |  15:03 WIB
Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengecek pelaksanaan penukaran uang secara drive thru, di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang  di jalan Cakrawala, Kota Malang, Senin (25/4/2022). - Bisnis/Choirul Anam
Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengecek pelaksanaan penukaran uang secara drive thru, di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang di jalan Cakrawala, Kota Malang, Senin (25/4/2022). - Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG — Penyerapan uang kartal oleh bank dan masyarakat atas uang kartal yang disiapkan Bank Indonesia Malang sebesar Rp4,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran sudah mencapai 50 persen dan diperkirakan puncaknya pada 28 April 2022 mendatang.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan penyerapan dana sebesar itu pada posisi 25 April dan diperkirakan puncaknya mencapai pada 28 April karena hari efektif terakhir menjelang hari libur Idulfitri dan cuti bersama pada 29 April sampai 6 Mei 2022. Pada hari libur dan cuti bersama, kegiatan kas dan kliring di BI ditutup.

“Jadi untuk memenuhi kebutuhan pasokan mesin-mesin ATM perbankan, maka bank akan membutuhkan uang kartal dalam jumlah besar dan dana yang disiapkan saya optimistis sangat mencukupi,” katanya di sela-sela penukaran uang secara drive thru di area parkir Universitas Negeri Malang, Senin (25/4/2022).

Untuk memenuhi kebutuhan Lebaran terhadap uang pecahan kecil, Kantor Perwakilan BI Malang yang berkolaborasi dengan perbankan dan Perbarindo membuka layanan penukaran uang secara serentak selama empat hari pada 25-28 April 2022.

Layanan dilaksanakan melalui dua mekanisme yakni layanan penukaran uang secara drive thru di area parkir Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang tepatnya di jalan Cakrawala, dengan pintu masuk berada di gerbang yang menghadap jalan Veteran.

Kegiatan ini memiliki jam operasional terbatas, yakni pukul 10.00-12.00 WIB dengan kuota sebanyak 300 orang per hari. Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan adalah sebesar Rp3,8 juta yang terdiri dari pecahan Rp1.000 hingga Rp20.000.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersinergi dengan lima bank, yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur, Bank Jatim Syariah dan Bank Tabungan Negara.

Tata cara penukaran drive thru, yakni penukar wajib melakukan pendaftaran di hari sebelumnya secara online pada aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id. Penukar wajib menunjukkan KTP dan bukti pendaftaran secara online sebelum memasuki area layanan penukaran drive thru.

Selain drive thru, layanan penukaran uang juga dibuka di loket perbankan sebanyak 100 titik dan loket Perbarindo sebanyak 39 titik yang tersebar di kota Batu, kota/kabupaten Malang, kota/kabupaten Pasuruan dan kota/kabupaten Probolinggo. Batas maksimal uang yang bisa ditukarkan adalah sebesar Rp3,7 juta yang terdiri dari pecahan Rp2.000 hingga Rp20.000.

Layanan penukaran uang yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang bersama dengan perbankan dan Perbarindo bersifat gratis tanpa dipungut biaya. Demi keamanan, masyarakat dihimbau untuk dapat melakukan penukaran uang pada layanan resmi baik drive thru maupun loket perbankan dan perbarindo.

“Dalam kegiatan ini, masyarakat diharapkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak karena bagaimanapun saat ini kita masih dalam era pandemi. Layanan penukaran uang pecahan kecil dengan sistem seperti itu merupakan salah satu bentuk mitigasi terhadap masyarakat yang menukarkan uang di tengah Covid,” ucapnya.(K24).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia jatim malang penukaran uang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top