Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puskesmas Kedungkandang Meluncurkan Konsultasi Online Tuberkulosis

Mereka enggan berobat ke fasilitas kesehatan pemerintah di era pandemi karena berita hoaks tentang ada orang yang diagnosa Covid-19.
Petugas Puskesmas Kedungkandang tengah melayani pasien./Istimewa
Petugas Puskesmas Kedungkandang tengah melayani pasien./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Dinas Kesehatan Kota Malang melalui Puskesmas Kedungkandang memberikan terobosan baru terkait pelayanan kesehatan dengan menggagas program yang bernama KOPI TUBRUK. Program itu melayani konsultasi online khusus penyakit tuberkulosis (TBC) untuk memudahkan layanan bagi pasien dan mencakup layanan bagi warga yang takut mendapatkan stigma.

Kepala Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang, dr Lisna, mengatakan masyarakat bisa menghubungi petugas kesehatan dan berkonsultasi apabila mengalami gejala, langkah pengobatan, dan lain hal terkait TBC.

“Program ini sudah dimulai sejak awal bulan Maret 2022, namun memang secara resmi baru diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia, 24 Maret yang lalu,” katanya, Sabtu (26/3/2022).

Program ini diinisiasi karena melihat angka penularan TB di Indonesia, termasuk Kota Malang masih cukup tinggi. Di Puskesmas Kedungkandang, 2021 lalu terdata 56 kasus.

Saat tim turun ke lapangan ternyata masih banyak warga yang enggan memeriksakan diri karena malu dan takut akan stigma buruk dari tetangga. Juga karena mereka enggan berobat ke fasilitas kesehatan pemerintah di era pandemi karena berita hoaks tentang ada orang yang diagnosa Covid-19.

Berangkat dari fakta tersebut, kata dia, tercetuslah ide untuk membuat program layanan konsultasi online. Dengan demikian, pasien atau terduga pasien tidak perlu datang ke fasilitas pelayanan kesehatan. Program ini tentunya sesuai instruksi Pemkot Malang investasi untuk eliminasi TBC.

Dengan adanya program layanan online ini, diharapkan penanggulangan dan penanganan TBC bisa berjalan maksimal. Masyarakat semakin dekat dan mudah mengakses layanan kesehatan.

Warga Kota Malang dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi WhatsApp di nomor 0815 5599 2895.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler