Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Khofifah Serukan Penggunaan Kendaraan Listrik & Kompor Induksi

Surat tersebut dikeluarkan untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik dan kompor induksi oleh masyarakat dan para pemilik usaha
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengendarai motor listrik. Dok. PLN Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengendarai motor listrik. Dok. PLN Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengeluarkan Surat Edaran (SE) No. 671/85/124.3/2022 tentang imbauan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dan kompor induksi di Jawa Timur.

Dia mengatakan SE tersebut dikeluarkan untuk mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik dan kompor induksi oleh masyarakat dan para pemilik usaha guna mewujudkan energi bersih, kualitas udara bersih dan Ramah lingkungan serta komitmen menurunkan emisi gas rumah kaca.

“Program konversi ini merupakan bagian dari transisi energi bersih, mengurangi impor dan subsidi BBM serta menghemat devisa negara. Untuk mensukseskannya, perlu adanya dukungan dari pemerintah daerah, masyarakat maupun stakeholder lainnya,” katanya, Rabu (23/3/2022).

Dia pun mengimbau agar pemerintah kabupaten/kota, asosiasi pengelola perhimpunan pemilik dan penghuni satuan rumah susun/ apartemen/ perhotelan/ real estate/ restoran di Jatim serta konsumen rumah tangga untuk menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan kompor induksi dalam kegiatan sehari-hari.

General Manager PLN UID Jatim, Lasiran mengatakan selama ini PLN telah menggaungkan kemudahan gaya hidup dengan menggunakan peralatan serba listrik. Diharapkan dengan adanya SE Gubernur tersebut bisa semakin mendorong peningkatan electrifying lifestyle.

“Untuk mempercepat ekosistem gaya hidup listrik, kami telah menyediakan infrastruktur kelistrikan salah satunya seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) dan Home Charging Station,” jelasnya.

Saat ini, katanya, secara nasional hingga Februari 2022 terdapat charging station kendaraan listrik / SPKLU sebanyak 267 unit di 195 lokasi. Total charging station yang dimiliki PLN sebanyak 120 unit tersebar di 92 lokasi di seluruh Indonesia.

“Untuk di Jatim saja terdapat 7 unit SPKLU yang tersebar mulai dari Madiun hingga Banyuwangi, dan ini jumlahnya akan terus kami perbanyak lagi," imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, PLN juga telah meluncurkan program stimulus untuk memberikan kemudahan bagi pengguna kompor induksi yakni program nyaman kompor induksi, tambah daya hingga 11.000 VA melalui aplikasi PLN Mobile hanya membayar Rp150.000,- bagi pengguna kompor induksi dengan ketentuan promo berlaku hingga 31 Desember 2022. 

“Ada juga stimulus untuk kemudahan bagi pemilik kendaraan listrik, terutama mobil listrik seperti promo Super Everyday untuk melakukan penyambungan baru (PB) untuk pengisian daya di rumah atau home charging,” imbuh Lasiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper