Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSI Luncurkan Talenta Wirausaha

Program ini diharapkan diikuti 5.000 peserta yang siap bersaing dari 26 wilayah terpilih di Indonesia.
Komisaris Independen BSI, M. Arief Rosyid Hasan (dua dari kanan), bersama Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (tiga dari kiri), RCEO BSI Wilayah Surabaya, Mahendra Nusanto (dua dari kiri), Rektor UMM, Fauzan (tiga dari kanan), Group Head SME Business Group BSI, dan Dedy Suryadi Dharmawan (paling kiri), pada  pada Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang, Senin (14/2/2022)./Istimewa
Komisaris Independen BSI, M. Arief Rosyid Hasan (dua dari kanan), bersama Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (tiga dari kiri), RCEO BSI Wilayah Surabaya, Mahendra Nusanto (dua dari kiri), Rektor UMM, Fauzan (tiga dari kanan), Group Head SME Business Group BSI, dan Dedy Suryadi Dharmawan (paling kiri), pada pada Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang, Senin (14/2/2022)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI meluncurkan Talenta Wirausaha BSI untuk mencetak Muslimpreneur di Indonesia yang menempatkan Malang sebagai lokasi pertama kegiatan Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022.

RCEO BSI Wilayah Surabaya, Mahendra Nusanto, mengatakan UMKM sebagai salah satu segmen pendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia menjadi salah satu spirit BSI untuk mencetak generasi–generasi wirausaha muda yang tangguh, kompeten dan berkelanjutan. Sebagai generasi milenial, mereka diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat luas dan memberikan kontribusi untuk kemajuan Indonesia.

“Talenta Wirausaha BSI merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya (scale up) sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan beragam bisnis yang sudah mapan,” katanya pada Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2022 di Universitas Muhammadiyah Malang, Senin (14/2/2022).

Program ini diharapkan diikuti 5.000 peserta yang siap bersaing dari 26 wilayah terpilih di Indonesia.

Komisaris Independen BSI, M. Arief Rosyid Hasan, menegaskan terdapat kebutuhan yang tinggi bagi pemuda di Tanah Air untuk mengakses program peningkatan kapasitas wirausaha.

“Hasil survei World Economic Forum menyebutkan, sebanyak 35,5 persen pemuda di Indonesia ingin jadi pengusaha di masa depan. Di sisi lain, rasio kewirausahaan Indonesia masih rendah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu mengubah keinginan besar pemuda menjadi aksi nyata lewat kehadiran BSI sebagai salah satu bank syariah dalam mendorong talenta kewirausahaan pemuda di Indonesia melalui program Talenta Wirausaha.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengapresiasi inisiatif BSI yang menyasar anak muda dalam menumbuhkan wirausahawan. “Saya melihat ada strategi yang match antara Jatim dan BSI dari sisi inkubator dan business matching,” ungkap Emil.

Dia berharap, BSI ini jangan hanya sekadar menjadi raksasa ekonomi syariah di ranah global, tapi juga menjadi wadah perjuangan generasi milenial yang galau. Kegiatan ini justru menjadi awal dari kerja sama yang berkelanjutan.

Mahendra Nusanto menegaskan, BSI juga akan segera mendirikan UMKM Center di Jawa Timur, berlokasi di Jalan Kartini, Kota Surabaya. UMKM Center ini, akan menjadi wadah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam mendapatkan pelatihan, pembinaan, pembiayaan hingga membantu proses pemasaran produk.

Dia berharap, pelaku UMKM memanfaatkan program tersebut, dan dapat meningkatkan skala usahanya a.l melalui optimalisasi potensi bisnis hingga dukungan proses digitalisasi usaha.

Talenta Wirausaha BSI diselenggarakan oleh Bank Syariah Indonesia dan program pelatihan dan kompetisi bagi wirausaha muda untuk meningkatkan kapasitas usaha. Program ini juga melibatkan banyak pihak, khususnya dari ekosistem ekonomi syariah.

Talenta Wirausaha BSI terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia usia 18 - 35 tahun dan memiliki aspirasi untuk menjadi wirausahawan, atau sedang menjalankan usaha dan ingin meningkatkan kapasitas usahanya.

Wirausahawan muda terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai total ratusan juta rupiah dan kesempatan untuk berjejaring hingga mendapatkan akses permodalan dari BSI. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper