Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Pasar Tani Belitung Beranjak Naik

Pasar Tani mulai diminati dan ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk membeli barang kebutuhan pangan terutama hasil panen petani.
Aktivitas Pasar Tani di Belitung./Antara-Kasmono.
Aktivitas Pasar Tani di Belitung./Antara-Kasmono.

Bisnis.com, BELITUNG - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat transaksi kegiatan Pasar Tani di daerah itu pada Februari mengalami peningkatan Rp21 juta naik 50 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebesar Rp13,91 juta.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura DKPP Belitung, Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Minggu (6/2/2022) mengatakan nilai transaksi pasar Tani dari bulan ini mengalami peningkatan hingga 50 persen atau Rp21 juta dibandingkan mendapatkan bulan sebelumnya Rp13,91 juta dikarenakan Pasar Tani mulai diminati dan ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk membeli barang kebutuhan pangan terutama hasil panen petani.

"Pasar Tani sekarang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan pelaksanaannya di setiap bulan memang ditunggu oleh masyarakat dari sejumlah wilayah kecamatan," katanya.

DKPP Belitung mencatat hasil transaksi Pasar Tani di daerah itu pada Desember 2021 yang diikuti sebanyak 21 pelaku usaha sebesar Rp13,91 juta meningkat di Februari sebesar Rp21 juta diikuti 20 pelaku usaha.

Ia mengatakan, selain itu, DKPP Belitung juga sempat melaksanakan kegiatan Pasar Tani di akhir Desember lalu dalam rangka syukuran tiga tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Belitung diikuti oleh 16 pelaku usaha dengan nilai transaksi sebesar Rp23,38 juta.

"Pasar Tani memang sangat membantu mempromosikan produk hasil pertanian yang masih segar secara langsung kepada masyarakat," ujarnya.

Tenny menambahkan, kegiatan Pasar Tani merupakan agenda rutin DKPP Belitung yang diselenggarakan setiap bulan nya dengan tujuan memasarkan langsung hasil pertanian petani di daerah itu kepada masyarakat.

"Petani bisa menjual hasil pertanian nya ke masyarakat secara langsung tanpa adanya perantara dengan harga di bawah pasar dan kondisi produk yang masih segar baru saja di panen," katanya.

Dikatakan dia, para peserta Pasar Tani merupakan petani binaan DKPP Belitung sekaligus para pelaku UMKM di daerah yang menggunakan produk pertanian lokal sebagai bahan baku.

"Selama ini antusias masyarakat yang berkunjung ke pasar tani cukup tinggi sehingga kegiatan ini akan rutin di gelar setiap bulan," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper