Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Suzuki Jatim Tahun Ini Ditarget Tumbuh 15 Persen

UMC, dealer Suzuki di Jawa Timur telah menyiapkan sejumlah strategi sesuai dengan segmen kendaraan yang dimiliki.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 22 Januari 2022  |  07:36 WIB
Suzuki meluncurkan varian terbaru Ertiga di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.  - SIS
Suzuki meluncurkan varian terbaru Ertiga di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. - SIS

Bisnis.com, SURABAYA - PT United Motor Centre (UMC), diler mobil Suzuki di Jawa Timur memproyeksikan penjualan mobil tahun ini bisa tumbuh sekitar 15 persen sejalan dengan pemulihan kondisi perekonomian dan adanya perpanjangan insentif PPnBM bagi sektor otomotif.

Head of Brand and Digital Marketing UMC, Yuanita Christanti mengatakan pada tahun lalu saja Suzuki mengalami peningkatan penjualan hingga 25 persen dibandingkan kondisi penjualan pada 2020 saat awal terjadinya pandemi Covid-19.

“Pencapaian penjualan kami pada tahun lalu tembus 11.057 unit, atau naik dibandingkan 2020 yang hanya 8.875 unit. Peningkatan ini salah satunya merupakan dampak dari adanya insentif PPnBM yang memacu pasar otomotif lebih kencang,” katanya kepada Bisnis, Jumat (21/1/2022).

Dia mengatakan tipe mobil yang mengalami kenaikan penjualan paling tinggi yakni Suzuki XL7 sebesar 53 persen yakni dari 1.229 unit pada 2020 menjadi 1.880 unit pada 2021. Setelah itu disusul tipe PU NEw Caary yang naik 37 persen dari 3.533 unit pada 2020 menjadi 4.844 unit pada tahun lalu.

“Pada 2020 hingga 2021, tipe PU New Carry ini tetap mempertahankan posisi market share pertama di Jatim untuk kelas pick up 1.500 cc yakni sebesar 49,6 persen,” katanya.

Sementara untuk kontributor terbesar penjualan UMC yakni pada tipe PU New Carry sebanyak 4.844 unit atau setara 43,8 persen dari total penjualan tahun lalu, disusul Ertiga sebanyak 2.741 unit atau 24,8 persen, dan XL7 sebanyak 1.880 unit atau 17 persen.

“Ketiga tipe itu berkontribusi sebanyak 85 persen terhadap penjualan kami tahun lalu,” imbuhnya.

Yuanita menambahkan untuk mencapai target penjualan tahun ini, UMC telah menyiapkan sejumlah strategi sesuai dengan segmen kendaraan yang dimiliki.

Sebagai contoh pada jenis passenger car, Suzuki mengklaim memiliki nilai value for money yang sangat kompetitif di kelasnya sehingga akan rutin menggelar kegiatan test drive melalui berbagai kemasan dan channel baik secara online maupun offline.

“Sedangkan untuk Commercial Car, kita  ingin mempertahankan PU New Carry di peringkat pertama pangsa pasar dengan peningkatan fleet dan mengembangkan potensi market lewat UMKM,” katanya.

Sejalan dengan target peningkatan penjualan itu, UMC ingin mempertahankan pangsa pasar mobil Suzuki di Jawa Timur setidaknya bisa berada angka 12,2 persen.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif suzuki penjualan mobil
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top