Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Smartfren Catat Peningkatan Traffic Internet 9 Persen Selama Nataru

Aktivitas yang berkontribusi pada kenaikan traffic internet tersebut a.l berupa akses terhadap aplikasi streaming (8 persen), game (6 persen), serta media sosial (11 persen).
Gedung Smartfren./Istimewa
Gedung Smartfren./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Smartfren mencatat kenaikan traffic internet nasional rata-rata 9 persen selama Hari Raya Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022.

VP Network Operations Smartfren, Agus Rohmat, mengatakan kenaikan traffic internet ini selaras dengan prediksi dan antisipasi yang telah disiapkan sehingga layanan internet Smartfren tetap optimal serta bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan saat mereka berada di perjalanan, maupun ketika berada di rumah masing-masing.

Peningkatan traffic internet kali ini terkonsentrasi di berbagai wilayah permukiman. Adapun aktivitas yang berkontribusi pada kenaikan traffic internet tersebut a.l berupa akses terhadap aplikasi streaming (8 persen), game (6 persen), serta media sosial (11 persen).

“Selain antisipasi untuk lonjakan traffic internet Natal dan Tahun Baru, Smartfren secara rutin terus melakukan optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan. Ini adalah wujud dari komitmen Smartfren untuk memberikan layanan terbaik guna mendukung masyarakat membuka berbagai peluang digital dari internet,” katanya, dalam keterangan resminya, Kamis (6/1/2022).

Berdasarkan wilayah, peningkatan traffic internet Smartfren yang terbesar terjadi di Jabodetabek. Pada saat Natal peningkatan tersebut mencapai mencapai 10 persen dari traffic di hari biasa, dan pada saat Tahun Baru 2022 mencapai 12 persen dari traffic hari biasa.

Menurut dia, peningkatan traffic yang cukup signifikan juga terjadi di wilayah Jawa Tengah, dengan rata-rata mencapai 9 persen dibandingkan hari biasa. Terjadinya peningkatan ini salah satunya didorong oleh perubahan pola mobilitas masyarakat yang sebagian besar berada di rumah dan tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

Guna menjamin pelanggan terus mendapatkan layanan terbaik, dia menegaskan, Smartfren telah menerapkan berbagai teknologi mutakhir pada seluruh network, yaitu multiple carriermilimeter wavesmall cell, 4x4 MIMO, Beam FormingFull Duplex, serta 256 QAM.

“Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadget yang mendukung,” ucapnya.(K24)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper