Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Malang Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif Lewat Festival

Kota Malang menyandang predikat Kota Kreatif Game dan Aplikasi, dengan didukung 16 subsektor lainnya.
Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan Aminurridho, sedang menyampaikan sambutan pada gelaran Road to Digicrafest beberapa waktu lalu./Istimewa
Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan Aminurridho, sedang menyampaikan sambutan pada gelaran Road to Digicrafest beberapa waktu lalu./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Kantor Perwakilan BI Malang terus berupaya mendorong pengembangan ekonomi kreatif atau ekraf lewat berbagai kegiatan, seperti Festival yang direncanakan pada Januari 2022.

Kepala Perwakilan BI Malang, Azka Subhan Aminurridho, mengatakan Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu menjadi wilayah pengungkit pertumbuhan di wilayah Jawa Timur, dengan kontribusi terhadap perekonomian Jawa timur sebesar 7,91 persen.

“Kota Malang menyandang predikat Kota Kreatif Game dan Aplikasi, dengan didukung 16 subsektor lainnya termasuk film, video, animasi, dan kuliner. Saat ini telah terdapat 168 startup, 22 komunitas, dan 21 program studi berbasis digital di Kota Malang,” katanya, Minggu (5/12/2021).

Oleh karena itulah, kata dia, sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Malang dan mewujudkan peran Bank Indonesia dalam pengembangan ekonomi digital, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang berencana untuk menyelenggarakan kegiatan Bank Indonesia Digital Creative Festival (Digicrafest).

Pameran ini merupakan kolaborasi yang melibatkan komunitas industri kreatif aplikasi dan games di KPw BI Malang, instansi/pemerintah daerah, perbankan daerah serta stakeholder terkait.

Kegiatan Bank Indonesia Digicrafest akan dilaksanakan dalam dua tahap yaitu Road to Digicrafest yang dilaksanakan pada bulan November s.d Desember 2021 dan Exhibition Digicrafest yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2022.

Festival ekonomi kreatif akan dikemas dalam konsep exhibition yang mengkolaborasikan pameran industri kreatif aplikasi, capacity building, business matching serta kurasi produk yang mengusung tema kreativitas, edukatif, interaktif dan entertaining.

Dalam kegiatan Digicrafest, KPwBI Malang berkolaborasi dengan Jagoan Indonesia dan Ngalup Collaborative Network. Salah satu kegiatan pembuka dalam rangkaian roadshow, mini event berupa webinar atau talk show bersama 4 Creative Hub di Kota Malang yang bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan Exhibition Digicrafest kepada para komunitas start up, inkubator bisnis, mahasiswa, gamers, serta masyarakat.

Pelaksanaan Talkshow Road to Digicrafest dilaksanakan mulai bulan November s.d Desember 2021 secara hybrid dan menghadirkan beberapa pembicara ahli di bidangnya. Salah satu kegiatan talk show bertema fundraising telah digelar di Ngalup Collaborative Network pada 27 November 2021 dengan narasumber Detha Alrian Fajri – CEO KliknCelan.com.

Kegiatan talkshow selanjutnya bertajuk In-Depth Entrepreneur : Menyingkap Dua Sisi Dunia Entreprenuer di Piknik Hub narasumber Rachmat Wibisono – CEO Founder Vertical Equity yang digelar pada tanggal 4 Desember 2021.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper