Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Komunal Optimalkan Potensi Deposito BPR untuk Dorong Kemajuan UMKM

Komunal Deposito BPR merupakan hasil pemikiran para founder yang ingin terus memajukan perekonomian Indonesia, terutama agar UMKM bisa meningkat termasuk bagi BPR yang memiliki potensi lebih dekat dengan UMKM.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 15 November 2021  |  08:39 WIB
Komunal Optimalkan Potensi Deposito BPR untuk Dorong Kemajuan UMKM
Foto dari kiri - kanan, VP Marketing Komunal Albert Kurniawan, Senior Associate Marketing Suryanto Cokro, dan Associate Manager Marketing Michael Christian Fredy menjelaskan sistem pada situs Komunal Deposito BPR di Surabaya, Rabu (10/11/2021). - Bisnis/Andik Susanto
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Penyelenggara teknologi finansial (tekfin) PT Komunal Finansial Indonesia melalui platform terbarunya Komunal Deposito BPR akan mengoptimalkan potensi nasabah deposito untuk membantu pembiayaan modal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

VP Marketing Komunal, Albert Kurniawan mengatakan Komunal Deposito BPR merupakan hasil pemikiran para founder yang ingin terus memajukan perekonomian Indonesia, terutama agar UMKM bisa meningkat termasuk bagi BPR yang memiliki potensi lebih dekat dengan UMKM.

“Awalnya Komunal sudah membantu melalui produk peer-to-peer lending (P2P) untuk siapa yang butuh modal, kita ketemukan dengan lender-lender yang mau membiayai, dan ini tetap berjalan,” katanya kepada Bisnis, Rabu (10/11/2021).

Namun, lanjutnya, cara lain untuk mendorong perekonomian tidak hanya dari P2P tetapi juga bisa dilakukan dengan menumbuhkan BPR-BPR yang ada. Saat ini, di Jawa Timur sudah ada 20 BPR yang bermitra dengan Komunal yang menjadi pilihan penempatan deposito nasabah, dan sebanyak 30 BPR saat ini sedang mengantre untuk proses seleksi.

“Jadi kita bantu BPR untuk mengumpulkan dana, tetapi kita benar-benar melakukan seleksi ketat kepada BPR yang mau bermitra, dan pastinya keuangan BPR tersebut harus bagus. UMKM kan tidak punya akses ke bank, jadi lewat BPR akan sangat terbantu,” ujarnya.

Menurut Albert, investasi melalui Deposito BPR cukup aman sebab telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan bunga sampai dengan 6 persen. Sedangan di bank umum hanya sekitar 2 - 3 persen.

“Dari Agustus hingga September 2021, dana yang terkumpul melalui Komunal Deposito BPR telah mencapai Rp60 miliar, dari sebanyak 400 nasabah aktif. Dana tersebut tersalurkan langsung kepada 20 BPR yang telah terdaftar di Komunal,” ujarnya.

Adapun penempatan rekening deposito dapat dilakukan minimal Rp1 juta dengan tenor selama 1 - 12 bulan. Selama November 2021 ini, Komunal Deposito BPR pun telah menyiapkan sejumlah promo untuk merayakan 11.11.

Di antaranya seperti cashback saldo e-wallet Rp111.111 bagi pembukaan rekening deposito BPR untuk pertama kali, serta promo cashback special rate 11.11 persen hingga Rp1.111.111 bagi pengguna yang sudah membuka rekening minimal satu kali di platform Komunal DepositoBPR.

Selain itu, masih ada promo referral program bagi para pengguna setia Komunal yang berhasil mengajak satu orang untuk membuka deposito dengan menggunakan kode referral masing-masing sehingga akan mendapatkan cashback Rp100.000. dan Jika berhasil mengajak 10 orang akan mendapatkan bonus Rp500.000.

Albert menambahkan untuk memperluas nasabah dan mitra BPR, Komunal akan melakukan pemasaran secara digital maupun secara offline seiring dengan meredanya Covid-19.

“Selain itu, kami juga punya brand ambasador, melalui kerja sama dengan 80 kampus di seluruh Indonesia. Jadi kita belajar bagaimana dunia fintech dan marketing sekaligus jadi brand ambasador Komunal,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpr Teknologi Finansial
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top