Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perhutani KBM Ekowisata Mulai Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Penggunaan aplikasi ini diterapkan juga untuk mengantisipasi penularan ataupun pengendalian Covid-19.
PeduliLindungi/dok. Perhutani KBM
PeduliLindungi/dok. Perhutani KBM

Bisnis.com, SURABAYA - Perhutani Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ekowisata Jawa Timur mulai menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi pada sejumlah lokasi wisata yang dikelolanya. Aksi tersebut menyambut pelonggoran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jatim yang kini sudah berada di level 1.

General Manjaer KBM Ekowisata Jatim Berthus Sudarmeidi mengatakan penggunaan aplikasi ini diterapkan juga untuk mengantisipasi penularan ataupun pengendalian Covid-19.

“Saat ini QR code PeduliLindungi sudah kami siapkan, dan jika nanti pemerintah sudah menyatakan bahwa obyek wisata kami sudah bisa beroperasi kembali, maka ini sudah siap,” ujarnya, Rabu (13/10/2021).

Dia menjelaskan, terdapat 5 lokasi Wana Wisata (WW) yang sudah terkoneksi dengan aplikasi PeduliLindungi, di antaranya WW Kakek Bodo, WW Puthuk Truno, Foresta Resort Tretes di Kabupaten Pasuruan, dan WW Padusan serta WW Dlundung di Kabupaten Mojokerto.

“Selain untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, aplikasi ini disiapkan juga untuk meningkatkan nilai kepercayaan publik terhadap pengelolaan lokasi wisata yang bebas Covid-19,” ujarnya.

Berthus menambahkan, sebelum ada aplikasi PeduliLindungi, KBM Ekowisata Jatim pada saat awal pandemi juga sudah mulai melakukan tracking pengunjung dengan menggunakan QR Code tetapi memang belum terintegrasi, misalnya terkait data vaksinasi.

“Selama pandemi ini, kami juga terus melakukan peningkatan kebersihan lokasi wisata, dan juga sterilisasi secara rutin, termasuk menerapkan prokes yang ketat bagi petugas pelayanan wisata, dan pengunjung,” imbuhnya.

Selain itu, lokasi wisata yang dikelola KBM Ekowisata Jatim juga telah lulus uji sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf sehingga dapat memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan.

“Kami juga sudah memberlakukan sistem pembayaran dengan e-ticketing, sehingga pelayanan tidak lagi menggunakan pembayaran tunai untuk mengurangi resiko tertular virus,” imbuhnya.

 #ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper