Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jatim Gelar Vaksinasi Massal Sasar 2.000 Orang

Vaksinasi massal menyasar kalangan pelajar dan masyarakat umum.
Bank Jatim/bankjatim.co.id
Bank Jatim/bankjatim.co.id

Bisnis.com, MALANG — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. menggelar vaksinasi massal Covid-19 bekerja sama dengan OJK Malang dan Pemkot Malang. Kegiatan tersebut menyasar 2.000 orang yang berasal dari kalangan pelajar dan masyarakat umum.

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman, mengatakan bahwa gelaran vaksinasi massal ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT Bank Jatim ke-60. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kontribusi langsung perusahaan kepada masyarakat mengatasi pandemi.

"Bank Jatim memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui upaya pencegahan persebaran virus Covid-19. Bank Jatim dalam pelaksanaannya tidak bekerja sendiri, tapi menggandeng juga OJK dan pemerintah kota. Ini agar masyarakat sehat, ekonomi sehat, bank juga sehat," katanya pada pelaksanaan vaksinasi massal yang bertempat di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Sabtu (11/9/2021).

Dia menegaskan, kegiatan ini sekaligus sebagai upaya mendukung pemerintah mempercepat tercapainya kekebalan komunal. “Vaksinasi dapat meningkatkan herd immunity, dan kegiatan ini menjadi upaya pengendalian virus covid di Jatim. Kami tentunya harus saling bekerja sama dalam menanggulangi Covid-19," ucapnya.

Kepala OJK Malang Sugiarto menegaskan OJK mendukung percepatan vaksinasi Covid dengan pertimbangan, semakin tinggi cakupan vaksinasi, maka semakin cepat segera tercapai kekebalan komunal. Dengan tercapainya kekebalan komunal, kata dia, maka otomatis mobilitas masyarakat juga bisa tinggi, prasyarat untuk memulihkan sektor ekonomi yang terkontraksi sangat dalam akibat pandemi.

Pada kesempatan itu, vaksinasi menyasar 1.500 pelajar dan 500 masyarakat umum di Kota Malang dengan menggunakan vaksin Sinovac.

Wali Kota Malang Sutiaji menilai dukungan lembaga jasa keuangan selama ini berperan secara maksimal membantu Pemkot Malang dalam upaya melakukan percepatan vaksinasi. Ini sejalan dengan perhatian dari pemerintah pada masa pandemi, yakni menjamin kesehatan masyarakat, salah satunya melalui vaksinasi.

Vaksinasi juga mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal. "Kegiatan hari ini klop dengan atensi Pemerintah Pusat. Mulai dari mendorong agar herd immunity terbangun dengan baik. Ini tadi juga ada bantuan untuk siswa yang bisa meningkatkan inklusi dan literasi masyarakat. Ketiga, tadi ada penyerahan 200 paket sembako, bantuan sosial yang juga menjadi komitmen Pemerintah Pusat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Bank Jatim menyerahkan corporate social responsibility (CSR) berupa 200 paket sembako untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan tabungan senilai Rp15 juta rupiah untuk 1.500 pelajar yang sekaligus menjadi program Bank Jatim "Satu Rekening Satu Pelajar". Serta penyerahan simbolis Motor Box Rumah Solusi kepada Pemerintah Kota Malang.

Sutiaji mengapresiasi kepada Bank Jatim atas terlaksananya vaksinasi massal tersebut. Bank Jatim tidak hanya berfokus pada penanganan permasalahan ekonomi, namun juga memperhatikan aspek kesehatan masyarakat yang harus menjadi prioritas di masa pandemi ini.

Apabila kesehatan masyarakat telah terpenuhi, ujar dia, makai, pertumbuhan ekonomi akan lebih mudah didorong. "Tidak mungkin ekonomi tumbuh kalau tidak diimbangi masyarakat yang tangguh. Jadi mewujudkan masyarakat tangguh itu salah satu instrumen atau variabelnya adalah sehat, melalui vaksinasi," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Azizah Nur Alfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper