Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Juanda Mulai Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Selain mulai menerapkan aplikasi PeduliLindungi, Bandara Juanda juga menyiapkan layanan vaksin bagi calon penumpang melalui kerja sama dengan Kantor Kesehatan pelabuhan.
dok. Bandara Internasional Juanda
dok. Bandara Internasional Juanda

Bisnis.com, SURABAYA – Bandara Internasional Juanda Surabaya mulai memberlakukan penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan udara, termasuk menyiapkan layanan vaksinasi hingga tes Antigen.

Pelaksana tugas sementara (pts) GM Bandara Internasional Juanda Indah Preastuty mengatakan persyaratan penggunaan aplikasi tersebut sudah sesuai dengan SE Menkes tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi Peduli Lindungi.

“Pemberlakukan ini sudah dimulai pada 23 Agustus lalu, jadi penumpang melakukan pengecekan dokumen kesehatan melalui aplikasi PeudliLindungi,” ujarnya dalam rilis, Selasa (31/8/2021).

Dia mengatakan pihaknya pun juga telah menyiapkan petugas di Kantor Kesehatan Pelabuhan dengan menyediakan help desk untuk mengantisipasi jika ada kendala pada tahap validasi dokumen kesehatan calon penumpang.

“Kami juga mengingatkan kepada calon penumpang agar datang lebih awal tiba di bandara sebelum jam keberangkatan, karena proses validasi dokumen kesehatan memerlukan waktu,” imbuhnya.

Indah menambahkan tujuan dari pengecekan hasil dokumen kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi adalah untuk mempermudah pelaku perjalanan karena syarat dokumen kesehatan telah tersimpan dalam format digital.

Selain mulai menerapkan aplikasi PeduliLindungi, Bandara Juanda juga menyiapkan layanan vaksinasi bagi calon penumpang melalui kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

“Calon penumpang dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dengan menunjukkan tiket penerbangan dan hasil negatif tes RT-PCR. Kami imbau agar memperhatikan jadwal penerbangan dan waktu yang diperlukan untuk proses vaksinasi," imbuhnya.

Bandara Juanda juga menambah satu fasilitas tes Antigen drive thru sehingga pengguna jasa tidak perlu turun dari kendaraan atau antri untuk menghindari kerumunan yang berisiko meningkatkan penularan Covid-19.

“Kalau layanan Antigen drive-thru ini mulai beroperasi pada 26 Agustus 2021 di area parkir Bandara Internasional Juanda yang buka mulai pukul 04.30 WIB sampai dengan 18.00 WIB,” imbuhnya.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper