Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MES Malang Dorong Masyarakat Berinvestasi Saham Syariah

Investor harus benar-benar teredukasi dengan baik terkait investasi saham di pasar modal.
Pekerja melintasi layar monitor bursa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)./Antara-Aditya Pradana Putra
Pekerja melintasi layar monitor bursa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)./Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, MALANG — Pengurus Daerah Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES Kota Malang mendorong masyarakat untuk berinvestasi saham-saham syariah yang dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia karena berpotensi memberikan keuntungan yang tinggi.

Ketua Umum PD MES Kota Malang Makhrus Sholeh mengatakan dana idle di masyarakat sebenarnya masih banyak. Jika berinvestasi, biasanya masyarakat memanfaatkan untuk membeli tanah dan emas. Ada juga yang ditempatkan di bank.

“Namun, apapun jenis investasi, ada kelebihan dan kekurangannya,” ujarnya di Malang, Kamis (29/7/2021).

Seperti berinvestasi di tanah, kata dia, memang sering menjanjikan keuntungan yang tinggi. Namun aset tanah tidak likuid, tidak bisa sewaktu-waktu dijual dengan harga pantas saat orang membutuhkan dana segar.

Begitu juga dengan bank, return bank sangat kecil sehingga orang menempatkan dana di bank untuk keamanan saja, agar pemenuhan kebutuhan mereka seperti untuk kegiatan bisnis bisa lebih mudah dan lancar.

Salah satu instrumen investasi yang perlu dipertimbangkan, katanya, investasi di saham-saham syariah dengan pertimbangan potensi keuntungannya relatif lebih besar. Kebanyakan saham-saham syariah yang dicatat di PT Bursa Efek Indonesia fundamentalnya bagus sehingga cocok bagi investor perdagangan yang bersifat jangka panjang.

Namun, dia mengingatkan, investasi di saham bagaimanapun risikonya lebih besar bila dibandingkan menempatkan dana di perbankan, meski juga menjanjikan keuntungan yang lebih besar.

Oleh karena itulah, kata Makhrus, investor harus benar-benar teredukasi dengan baik terkait investasi saham di pasar modal. Masyarakat harus mengetahui keuntungan dan risiko berinvestasi di saham, termasuk saham-saham syariah. PD MES Kota Malang bersedia memfasilitasi pelatihan bagi calon investor di pasar modal dengan memberikan pelatihan-pelatihan.

PD MES Kota Malang akan menjalin kerja sama dengan OJK dan Perwakilan BEI Surabaya untuk dapat memberikan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi di saham-saham syariah.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper