Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Eceran di Malang Tumbuh Positif pada Juni

Survei Penjualan Eceran (SPE) merupakan salah satu survei yang dipublikasikan secara bulanan yang digunakan sebagai indikator untuk mengetahui perkembangan kondisi ekonomi.
Ilustrasi kuliner di Kota Malang.
Ilustrasi kuliner di Kota Malang.

Bisnis.com, MALANG — Omzet penjualan pada bulan Juni 2021 diperkirakan tumbuh positif sebesar 6,35 persen (mtm) setelah bulan sebelumnya terkontraksi sebesar -12,61 persen (mtm) mengacu Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia Malang.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan share omzet penjualan eceran masing-masing kelompok terhadap total kelompok komoditas didominasi oleh kelompok kendaraan sebesar 52,91 persen diikuti oleh kelompok bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 17,23 persen, serta suku cadang dan aksesori sebesar 9,26 persen.

“Pertumbuhan omzet perkiraan penjualan padan Juni 2021 didorong oleh naiknya omzet dari beberapa kategori usaha,” katanya, Jumat (9/7/2021).

Kategori usaha dengan pertumbuhan omzet tertinggi diperkirakan berasal dari kelompok kendaraan 14,91 persen (mtm), kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya 10,96 persen (mtm), serta kelompok barang budaya dan rekreasi 9,15 persen (mtm).

Kategori kelompok kendaraan, tercatat tumbuh sebesar 14,91 persen (mtm) meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada bulan Mei 2021 yang terkontraksi sebesar -22,84 persen (mtm).

Peningkatan tersebut disebabkan oleh melonjaknya permintaan konsumen seiring dengan perpanjangan insentif fiskal berupa tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) untuk kendaraan bermotor.

Perpanjangan fasilitas PPnBM DTP 100 persen untuk penjualan kendaraan dengan kriteria tertentu dilakukan hingga Agustus 2021. Selanjutnya, periode untuk diskon PPnBM DTP 50 persen diperpanjang menjadi sampai dengan Desember 2021.

Pertumbuhan omzet penjualan terjadi pada kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya yang diperkirakan tumbuh 10,96 persen (mtm).

Di tengah masih berlanjutnya kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro menyebabkan masyarakat lebih banyak beraktivitas dari rumah sehingga mendorong permintaan konsumen terhadap kebutuhan perabot rumah tangga terutama untuk subsektor mebel agar aktivitasnya dapat berjalan lancar dan nyaman.

Selain itu, kata Azka, kelompok barang budaya dan rekreasi juga tercatat tumbuh positif sebesar 9,15 persen (mtm). Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada bulan Mei 2021 sebesar 0,27 persen (mtm).

“Maraknya promo dan diskon persiapan jelang tahun ajaran baru sekolah serta masa liburan sekolah menjadi pendukung peningkatan penjualan kelompok barang budaya dan rekreasi,” ucapnya.

Survei Penjualan Eceran (SPE) merupakan salah satu survei yang dipublikasikan secara bulanan yang digunakan sebagai indikator untuk mengetahui perkembangan kondisi ekonomi di wilayah kerja Bank Indonesia Malang.

Survei ini bertujuan untuk mengetahui sumber tekanan inflasi dari sisi permintaan dan memperoleh gambaran mengenai kecenderungan perkembangan penjualan eceran serta konsumsi masyarakat.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper