Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangkalan Bebas, Zona Merah Bergeser ke Banyuwangi, Bondowoso, Madiun

status zona merah bergeser ke Banyuwangi, Bondowoso, dan Kota Madiun dengan tren kenaikan kasus melebihi dua kali lipat dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya.
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 di Jawa Timur./Antara
Ilustrasi penanganan pasien Covid-19 di Jawa Timur./Antara

Bisnis.com, SURABAYA – Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur menyebut tiga daerah yakni Kabupaten Bangkalan, Ngawi, dan Ponorogo yang sebelumnya berstatus zona merah sudah berhasil menjadi zona orange.

Namun begitu, kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan mengingat tren peningkatan kasus  dan status zona merah kini bergeser ke tiga daerah lain yakni Banyuwangi, Bondowoso, dan Kota Madiun.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim, dr. Makhyan Jibril mengatakan selama ini Bangkalan, Ngawi, dan Ponorogo memang menjadi perhatian utama dalam penanganan Covid-19 sebab memiliki angka kasus tinggi sehingga berada dalam status zona merah atau risiko tinggi.

“Kalau kita melihat memang daerah zona merah sebelumnya di Bangkalan, Ngawi dan Ponorogo yang jadi fokus perhatian selama ini sehinga tren kasus sedikit menurun, dan ketika ada penurunan otomatis diikuti dengan status zonasi,” ujarnya pada Selasa (29/6/2021).

Dia mengatakan keberhasilan dalam menekan angka kasus Covid-19 di Bangkalan, Ngawi, dan Ponorogo tersebut juga dikontribusi oleh upaya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang dilakukan.

“Selain itu, di dalam kabupaten/kota juga didirikan RS Lapangan maupun ekspansi bed untuk rumahs akit yang melayani sehingga status zonasi berangsur turun,” ujarnya.

Jibril menambahkan penurunan kasus di Bangkalan, Ngawi, dan Ponorogo ini tetap harus diwaspadai mengingat status zona merah bergeser ke Banyuwangi, Bondowoso dan Kota Madiun dengan tren kenaikan kasus melebihi dua kali lipat dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya.

“Jadi, ke depan intervensi penanganan Covid-19 ini akan dilakukan lebih detail di daerah zona merah tersebut,” tuturnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Jatim per 29 Juni 2021, total jumlah kasus Covid-19 secara kumulatif mencapai 171.830 kasus, jumlah tersebut bertambah 1.065 kasus baru dibandingkan dengan 28 Juni 2021.

Dari total kasus kumulatif di Jatim, 151.343 orang telah sembuh atau bertambah 622 kasus sembuh dibandingkan dengan hari sebelumnya, dan sebanyak 12.706 orang meninggal dunia atau bertambah 97 orang meninggal, serta 7.781 orang merupakan kasus aktif yang sedang dalam perawatan.

Total kasus di daerah zona merah di Jatim yakni Banyuwangi hingga periode tersebut yakni 7.373 kasus, 6.161 orang sembuh, 724 orang meninggal dunia, dan 488 orang merupakan kasus aktif.

Sementara itu, di Kota Madiun secara total kasus mencapai 4.347 kasus, 3.951 sembuh, 259 meninggal, dan 137 orang kasus aktif. Di Bondowoso total kasus 2.865 kasus, 2.387 orang sembuh, 200 orang meninggal, dan 278 orang kasus aktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler