Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BNPB : RS Lapangan Dapat Dimanfaatkan Antisipasi Ledakan Covid-19

RS Lapangan Idjen Boulevard di Malang, Jawa Timur, menyediakan 307 tempat tidur untuk pasien konfirmasi positif Covid-19 yang memiliki gejala ringan, atau tidak bergejala.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 12 Juni 2021  |  01:45 WIB
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 di Jawa Timur. - Antara
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 di Jawa Timur. - Antara

Bisnis.com, MALANG – RS Lapangan Idjen Boulevard di Kota Malang, Jawa Timur, bisa dimanfaatkan mengantisipasi ledakan Covid-19.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan hasil pengecekan lapangan, kondisi di RS Lapangan baik dari tenaga kesehatan, dokter, perawat semua sudah siap.

RS Lapangan Idjen Boulevard menyediakan 307 tempat tidur untuk pasien konfirmasi positif Covid-19 yang memiliki gejala ringan, atau tidak bergejala.

“Kondisi yang dirawat di RS Lapangan ini cukup rendah,” ungkapnya ketika meninjau RS Lapangan Idjen Boulevard Malang, Jawqa Timur, pada Jumat (11/6/2021).

Berdasarkan data per 11 Juni 2021, terdapat 70 tempat tidur yang telah diisi pasien Covid-19. Karena itulah, RS Boulevard bisa menjadi antisipasi, apabila nanti ada ledakan kasus Covid-19 di daerah. "Ini bisa jadi antisipasi ketika ada ledakan di tempat lain,” ucapnya.

Namun, dia tidak menginginkan hal itu terjadi. Oleh karena itu, BNPB bersama satgas daerah Kota Malang melakukan langkah-langkah pendampingan untuk memperbaiki manajemen lapangan dalam melakukan penanganan Covid-19.

Berbagai upaya penanggulangan telah dilakukan BNPB dalam rangka penanganan pandemi Covid-19, seperti melakukan pendampingan untuk mengoptimalkan manajemen lapangan, serta melakukan penguatan terhadap tenaga medis dan obat-obatan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama beraktifitas, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Terkait dengan program vaksinasi, dia juga minta masyarakat untuk tidak ragu mengikuti program itu karena vaksin ini diperlukan untuk menjaga diri dari corona.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Covid-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top