Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyekatan Lebaran di Malang Ada 20 Titik, Termasuk Tempat Wisata dan Exit Tol

Posko cek poin ini telah dibuat mulai dari exit tol Lawang, exit tol Singosari , exit tol Pakis, Sumber Pucung, Karang Kates, dsb.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Mei 2021  |  21:02 WIB
Ilustrasi. - Antara/Bagus Ahmad Rizaldi
Ilustrasi. - Antara/Bagus Ahmad Rizaldi

Bisnis.com, MALANG - Kepolisian Resor Malang menyiapkan 20 pos pengamanan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang akan dipergunakan untuk menyekat arus mudik selama libur Lebaran, guna meminimalisasi penyebaran virus Corona.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan sebanyak lima pos pengamanan akan disiapkan di seluruh area pintu masuk wilayah Kabupaten Malang, termasuk jalur-jalur yang biasa dilewati oleh masyarakat.

"Untuk pelaksanaan penyekatan mudik Lebaran 2021, secara total telah disiapkan 20 pos pengamanan," kata Hendri, di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (4/5/2021).

Hendri menjelaskan, selain lima posko pengamanan yang ada di pintu masuk wilayah Kabupaten Malang, ada tiga posko yang disiagakan untuk mengantisipasi kegiatan wisata, di sejumlah tempat wisata yang ada di wilayah itu.

Kemudian, tujuh posko akan disiapkan pada stasiun, terminal ataupun di bandara yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Lima posko terakhir, akan disiapkan pada jalur-jalur alternatif atau jalur tikus.

"Posko cek poin ini telah dibuat mulai dari exit tol Lawang, exit tol Singosari , exit tol Pakis, Sumber Pucung, Karang Kates serta Sidorenggo Kecamatan Ampelgading," kata Hendri.

Hendri menjelaskan anggota yang bertugas di masing-masing posko akan melaksanakan tugas selama 1x8 jam. Para petugas tersebut merupakan petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, dan para relawan.

Meskipun ada penyekatan, Hendri memastikan, terdapat beberapa kalangan yang masih diperbolehkan melintas. Mereka antara lain ASN, pegawai BUMN dan BUMD, TNI serta Polri yang melakukan dinas.

Masyarakat yang berkunjung ke keluarga yang sakit keras dan meninggal dunia juga diperbolehkan melintas. Akan tetapi, mereka harus memenuhi syarat dengan menunjukkan surat-surat atau dokumentasi terkait.

"Kemudian ibu hamil dengan membawa satu pendamping (dibolehkan melintas)," kata Hendri.

Polres Malang menyatakan ada sebanyak 250 personel yang akan bertugas selama Operasi Ketupat tersebut. Jumlah tersebut terdiri atas 129 anggota Polres Malang dan sebanyak 121 anggota polsek.

Selain itu, juga akan ada tambahan 391 petugas yang terdiri atas 59 anggota Kodim, 19 anggota Denpom dan beberapa instansi lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang Mudik Lebaran

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top