Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cakupan Vaksinasi di Kabupaten Pasuruan Capai 20 Persen

Potensi tertularnya seseorang meski sudah divaksin dikarenakan belum terbentuknya antibodi yang ada dalam tubuh seseorang.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 30 April 2021  |  17:41 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PASURUAN — Cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pasuruan mencapai 20 persen dari target sasaran, sedangkan dari sisi ketersediaan vaksin, realisasinya sudah mencapai 93 persen.

"Kemarin datang lagi 1,910 vial untuk dua kali dosis atau bagi 955 orang untuk guru, mulai dari Guru TK, SMA/SMK, TPQ, dan Madin serta Pengasuh Ponpes," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan Ani Latifah, di Pasuruan, Jumat (30/4/2021).

Dia mengingatkan agar warga yang telah divaksin Covid-19 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari agar tidak terpapar virus tersebut.

“Bisa saja tertular, apalagi kondisi badannya juga tidak fit atau daya tahan tubuhnya lagi tidak bagus," ucapnya.

Potensi tertularnya seseorang meski sudah divaksin dikarenakan belum terbentuknya antibodi yang ada dalam tubuh seseorang. Ada yang 100 persen membentuk antibodi. Tapi ada yang hanya 65 persen atau bahkan belum membentuk. Semuanya tergantung respon tubuh masing-masing.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Orang yang divaksin bisa tertular kalau tidak memakai masker, tidak menjaga jarak, dan tidak menghindari kerumunan serta tidak selalu mencuci tangan pakai sabun,” katanya.

Apabila orang yang telah menerima vaksin tertular Covid-19, kata Ani, maka diharapkan tidak menjadi sakit berat hingga menyebabkan kematian. Meski begitu, harus menerapkan protokol kesehatan.

“Kuncinya adalah disiplin pada protokol kesehatan. Walaupun sudah mendapat vaksin, tetap harus memakai masker dan menjaga jarak serta rajin mencuci tangan," ucapnya.

Menurut dia, ada beberapa orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, meski jumlahnya sangat kecil. Hanya satu, dua orang saja.(K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top