Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bandara Juanda Tetap Layani Penumpang Meski Ada Larangan Mudik

Bandara Juanda masih memungkinkan untuk melayani penerbangan calon penumpang tertentu.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 19 April 2021  |  16:10 WIB
Ilustrasi - Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia menjalani Rapid Test saat tiba di kedatangan Internasional Terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020). - Antara/Umarul Faruq
Ilustrasi - Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia menjalani Rapid Test saat tiba di kedatangan Internasional Terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020). - Antara/Umarul Faruq

Bisnis.com, SURABAYA - Bandara Internasional Juanda Surabaya memastikan kesiapannya untuk tetap melayani penerbangan pada momen Ramadan dan Idulfitri.

Kesiapan tetap berlaku meski terdapat aturan larangan mudik.

General Manager Bandara Internasional Juanda Kicky Salvachdie mengatakan pada prinsipnya Bandara Juanda mendukung kebijakan pemerintah yang membatasi perjalanan orang melalui pengendalian transportasi sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sesuai Permenhub memang ada pelarangan mudik, tetapi masih dimungkinkan kami tetap bisa melayani penerbangan yang termasuk golongan yang dikecualikan,” ujarnya, Senin (19/4/2021).

Dia menjelaskan dalam kondisi seperti saat ini, Bandara Juanda masih memungkinkan untuk melayani penerbangan calon penumpang tertentu.

Penumpang tertentu dimaksud adalah pimpinan lembaga tinggi dan tamu kenegaraan, penerbangan khusus repatriasi, penerbangan yang berhubungan dengan operasional penegak hukum, ketertiban dan pelayanan darurat lainnya.

“Termasuk angkutan kargo, serta operasional angkutan udara perintis operasional lainnya dengan seizin dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub," imbunya.

Kicky menambahkan arus penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda terus mengalami peningkatan setelah sempat drop akibat pandemi Covid-19.

Tercatat pada kuartal I/2021 Juanda telah melayani 1.265.192 penumpang. 

“Dilihat dari tren penumpang bulan ke bulan sejak Januari - Maret terjadi peningkatan. Pada Februari 2021 kami melayani 347.992 penumpang, lalu pada Maret 2021 melayani 496.905 penumpang atau terjadi kenaikan 42,8 persen,” jelasnya.

Sepanjang kuartal I/2021 tersebut, penumpang di Bandara Juanda didominasi penumpang yang datang yakni sebanyak 637.997 orang atau setara 50,43 persen. Penumpang yang berangkat sebanyak 627.195 penumpang atau 49,97 persen.

Menurutnya, peningkatan jumlah penumpang terutama pada Maret diperkirakan karena adanya momen libur hari besar keagamaan. 

Di samping itu juga adanya kepercayaan publik kembali menggunakan transportasi udara untuk melakukan perjalanan di masa pandemi.

“Selain itu, kegiatan vaksinasi yang terus dijalankan juga mendorong kembali aktivitas masyarakat, dan di Juanda sendiri juga menyediakan layanan tes antigen, PCR maupun GeNose untuk memudahkan calon penumpang mendapatkan syarat perjalanan,” imbuhnya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara juanda Larangan Mudik Lebaran
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top