Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terapkan PPKM Mikro, Jatim Siapkan SOP Penggunaan Dana Desa

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan saat ini Jatim sedang melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di tingkat RT/RW guna menekan laju kasus Covid-19.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 11 Februari 2021  |  16:09 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Antara
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Desa untuk membuat standar operasional prosedur (SOP) yang bisa digunakan para Kepala desa dalam menggunakan dana desa untuk menyiapkan posko-posko penanganan Covid-19 di tingkat mikro.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan saat ini Jatim sedang melaksanakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di tingkat RT/RW guna menekan laju kasus Covid-19.

Ke depan, katanya, PPKM ini diharapkan dapat mendorong terbentuknyay proses pembinaan yang efektif, terutama dari sisi kepatuhan terhadap protokol kesehatan penerapan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu PPKM juga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas  proses penanganan jika ditemukan kasus baru hingga pengelolaan dana, terutama terkait penggunaan dana desa. 

"Kami akan berkoordinasi dengan Kemendes, dan akan membuat SOP yang bisa digunakan oleh para kades agar bisa menggunakan dana desa untuk menyiapkan posko-posko di desa meskipun PPKM nya berada di tingkat RT/RW,” katanya, Kamis (11/2/2021).

Dia mengatakan dalam PPKM mikro yang berlangsung mulai 9 Februari itu, pihaknya meminta masyarakat untuk turut berpartisipasi karena dinilai memiliki peran yang kuat dalam mengendalikan penularan Covid-19.

“Menurut WHO, melibatkan partisipasi masyarakat di lini paling bawah secara lebih kuat akan lebih efektif,” imbuhnya.

Dia menambahkan dalam PPKM mikro ini memang melibatkan lini terkecil yakni RT, dan di atasnya lagi RW, tetapi posko pengawasan juga tetap didirikan di tingkat desa/kelurahan yang berfungsi untuk memberikan pembinaan pencegahan sekaligus memiliki tugas mendata dan melaporkan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur khofifah Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top