Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tujuh Daerah Jatim Zona Merah Covid-19, Keterisian RS Saat Ini 69 Persen

Rerata penambahan kasus Covid-19 di Jatim mencapai 800 -900 kasus per hari bahkan sempat tembus hampir 1.200 kasus.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  14:03 WIB
Ilustrasi. - Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi. - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, SURABAYA — Satgas Covid-19 Jawa Timur menilai bahwa pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) jilid pertama telah mampu menekan tingkat Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit.

Satgas Kuratif Covid-19 Jatim, dr. Makhyan Jibril Al Farabi mengatakan sebelum PPKM dilakukan rata-rata tingkat BOR di rumah sakit rujukan Jatim mencapai 80 persen. Kondisi ini sangat mengkhawatirkan dan melebihi batas standar aman oleh WHO yakni 60 persen.

“BOR sebelum PPKM 80 persen, kemarin per 26 Januari BOR isolasi biasa sudah menjadi 69 persen, dan BOR ICU fluktuatif menjadi 67 persen. Semoga ini konsisten. Apakah penurunan BOR ini akan berlanjut, mari kita tunggu minggu depan,” katanya kepada Bisnis, Kamis (28/1/2021).

Diketahui peningkatan jumlah kasus penderita Covid-19 terus meningkat sejak akhir tahun lalu. Bahkan di Jatim rerata penambahan kasus mencapai 800-900 kasus per hari bahkan sempat tembus hampir 1.200 kasus.

Kondisi penambahan kasus ini membuat tingkat keterisian rumah sakit semakin tak terbendung. Di Jatim sendiri memiliki 99 rumah sakit rujukan, 3 rumah sakit darurat lapangan, dan fasilitas karantina gedung.

Pantauan situs Jatim Tanggap Covid-19 menunjukkan, dari 99 RS rujukan terdapat 2.834 orang yang sedang dirawat, baik dirawat dengan ventilator, tanpa ventilator maupun bed biasa. Sedangkan yang dirawat di RS Darurat sebanyak 41 orang, dan karantina gedung 46 orang, dan terakhir sebanyak 1.128 orang melakukan isolasi mandiri.

Hingga 27 Januari 2021, total kasus di Jatim mencapai 109.081 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 93.546 orang telah sembuh atau 85,76 persen, sebanyak 75.82 orang atau 6,95 persen telah meninggal dunia, dan sebanyak 2.834 merupakan kasus aktif.

Dari kondisi tersebut di Jatim terdapat 7 daerah dengan zona merah di antaranya Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ponorogo, Trenggalek, dan Magetan.

Sedangkan seluruh kota/kabupaten lain masuk dalam zona orange atau dengan tingkat risiko sedang, termasuk Kota Batu yang sebelumnya berhasil menjadi zona kuning, kini kembali meningkat menjadi zona orange.

Adapun Jatim saat ini melaksanakan PPKM jilid II di 17 daerah di antaranya Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kediri, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Pamekasan dan Tuban.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top