Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III dan KAI Kolaborasi Optimalkan Aset untuk Pengembangan Bisnis

Kedua BUMN sepakat untuk memperbaiki infrastruktur dan integrasi antar moda laut dan darat melalui inovasi bisnis proses bersama.
Presiden Direktur Pelindo III U Saefuddin Noer bersama Dirut PT Kereta Api Indonesia, Didik Hartantyo saat  penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama Pemanfaatan Fasilitas, Optimalisasi Bisnis dan Aset, Serta Logistic Supply Chain di Jakarta disaksikan oleh Staf Ahli Kemenhub  Cris Kuntadi dan Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Desty Arlaini, Jumat (20/11/2020)./Dok. Pelindo III
Presiden Direktur Pelindo III U Saefuddin Noer bersama Dirut PT Kereta Api Indonesia, Didik Hartantyo saat penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama Pemanfaatan Fasilitas, Optimalisasi Bisnis dan Aset, Serta Logistic Supply Chain di Jakarta disaksikan oleh Staf Ahli Kemenhub Cris Kuntadi dan Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Desty Arlaini, Jumat (20/11/2020)./Dok. Pelindo III

Bisnis.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama untuk mengoptimalkan aset dan inovasi bisnis sebagai salah satu sinergi BUMN.

Direktur Utama Pelindo III, U. Saefudin Noer mengatakan dalam kerja sama yang dituangkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU tersebut kedua BUMN sepakat untuk memperbaiki infrastruktur dan integrasi antar moda laut dan darat melalui inovasi bisnis proses bersama.

“MoU ini merupakan implementasi dari Core Values BUMN yang dicanangkan oleh Menteri BUMN Erick Tohir yaitu AKHLAK,amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif,” katanya dalam Penandatanganan MoU Pelindo III - KAI secara virtual, Jumat (20/11/2020).

Dia menjelaskan salah satu core value yakni amanah atas aset yang dipercayakan kepada Pelindo III dan KAI agar bisa dilakukan kolaborasi dalam optimalisasi aset BUMN sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Diharapkan dalam MoU ini terjalin sinergitas dalam inovasi bisnis. Ini Kunci bagi kedua BUMN untuk menunaikan loyalitas kepada negara dan peningkatan layanan publik,” imbuhnya.

Adapun dalam MoU tersebut melingkupi kerja sama pemanfaatan dan pengembangan fasilitas sarana dan prasarana kedua pihak, optimalisasi bisnis dan aset para pihak, logistic supply chain dan bentuk kerja sama potensial lainnya.

Sejumlah lokasi aset yang disepakati untuk dikerjasamakan yakni Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, dan lokasi pelabuhan Pelindo III lainnya.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo menambahkan melalui MoU ini juga diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi pemilik barang atau pelaku usaha logistik yang akan mengirimkan barang dari dan menuju pelabuhan melalui kereta api.

"Kami akan optimalkan penguasaan teknologi untuk merealisasikannya," pungkas Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper