Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jatim Fair Digelar Virtual, Diaspora Diajak Mengenal UMKM Nasional

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan kerja sama seperti itu diharapkan bisa menjadi bagian dari memabngun konektivitas dan jejaring.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  04:50 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bisnis.com, SURABAYA – Kalangan pelaku usaha UMKM di Jawa Timur yang mengikuti kegiatan Jatim Fair pada 22 – 26 Oktober 2020 melakukan penandatangan kerja sama secara virtual dengan diaspora di berbagai negara untuk mendorong produk UMKM tembus ke pasar ekspor.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan kerja sama seperti itu diharapkan bisa menjadi bagian dari memabngun konektivitas dan jejaring untuk terus mendorong pemasaran produk UMKM Jatim ke berbagai negara.

“Saya berharap ini akan menjadi terobosan kita untuk dapat membuka pasar baru di mancanegara bagi produk-produk UMKM Jatim sekaligus menjadi motivasi dan penyemangat agar ekonomi kita terus bangkit,” katanya dalam pembukaan Jatim Fair Virtual 2020, Kamis (22/10/2020).

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh Kadin Jatim dengan diaspora di Mesir dan China, lalu UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Jatim dengan diaspora New Zealand dan Taiwan, serta UKM binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Jatim dengan diaspora China.

Dalam penandatanganan itu juga disaksikan secara virtual oleh Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan, Ketua Dekranasda Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim, serta disaksikan secara virtual oleh beberapa Konjen serta bupati/wali kota se-Jatim.

Adapun gelaran Jatim Fair sebanyak 20 persen dilakukan secara offline mulai 22 – 24 Oktober di Grand City Surabaya yakni kegiatan Business to Business (B to B) dan diperuntukkan bagi undangan, yang merupakan para reseller Tokopedia yang terpilih memenuhi syarat kesehatan dan ekonomi.

Sedangkan mulai 22 – 26 Oktober, sebanyak 80 persen dilakukan secara online melalui kegiatan Business to Consumer (B to C) yang diperuntukkan bagi masyarakat umum yakni bekerjasama dengan marketplace Tokopedia dan juga website www.jatimfair.com.

Gelaran yang mengambil tema “Transformasi Digital untuk Pemulihan Ekonomi” ini diikuti oleh 115 peserta dengan jumlah stand 124 booth yang terdiri dari kabupaten/kota, BUMN, BUMD, swasta serta OPD Jatim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top