Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Malang Perkuat Ketahanan Warga Lewat Kampung Pangan

Ada pendampingan, penilaian, dan penguatan serta pemilihan Kampung Pangan di wilayah kota Malang.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  21:11 WIB
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kiri) pada Peringatan Hari Pangan se-Dunia di Malang, Jumat (16/10/2020). - Istimewa
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kiri) pada Peringatan Hari Pangan se-Dunia di Malang, Jumat (16/10/2020). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang memperkuat ketahanan pangan warga dengan mendorong adanya kegiatan penanaman bahan-bahan pangan di pekarangan lewat program Kampung Pangan.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi, mengatakan Kampung Pangan dibentuk untuk menggalakan pemanfaatan lahan pekarangan atau sekitar lokasi tempat tinggal sebagai pemenuhan sumber pangan dan gizi keluarga dan masyarakat yang segar, murah, dan aman.

“Kami terus melakukan pendampingan, penilaian, dan penguatan serta pemilihan Kampung Pangan di wilayah kota Malang,” katanya pada Peringatan Hari Pangan se-Dunia di Malang, Jumat (16/10/2020).

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menilai adanya lomba Kampung Pangan menarik dan patut diapresiasi karena pola lomba juga tidak diumumkan dan diberitahukan sebelumnya.

Dinas Pertanian secara alami dengan menjalankan tugas dan fungsi yang melekat di OPD, turun berkunjung, menilai sekaligus mengevaluasi lokasi masing masing poktan (kelompok tani) atau kelompok lainnya yg diusulkan oleh masing masing penyuluh di wilayah binaannya.

Ada dua hal yang langsung bisa didapat, yakni sebagai laporan kemajuan atas kinerja penyuluh serta menjadi motivasi para poktan untuk terus membudidayakan tanamannya agar makin produktif dan bermanfaat.

Dalam kesempatan ditetapkan sebagai pemenang, yakni pemenang I Poktan Lestari Kelurahan Kebonsari Kec Sukun, pemenang II Kelompok Tani Marsose Kel. Ksatrian Kecamatan Blimbing, pemenang III Poktan Babasay Kelurahan Balearjosari, Kec Blimbing; pemenang Harapan 1 Poktan Kenanga Kelurahan Merjosari Kec. Lowokwaru; dan pemenang Harapan 2 Kelompok PKK RW 09 Kel. Madyopuro Kec Kedungkandang.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pangan malang
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top