Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Festival Syariah Bisa Raup Transaksi Bisnis Rp3,5 Triliun

Transaksi dalam business matching sebesar Rp3,5 triliun, dan transaksi penjualan dalam booth sebesar Rp434,30 juta.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  21:11 WIB
Kepala Perwakilan Bank Indonesia / Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia / Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah.

Bisnis.com, SURABAYA – Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2020 yang digelar secara virtual ternyata masih mampu menunjukkan tingkat optimisme ekonomi yang tinggi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia – Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah mengatakan selama gelaran Fesyar Jawa 2020 dalam waktu satu minggu (5 – 10 Oktober 2020) mampu mencatatkan transaksi dalam business matching sebesar Rp3,5 triliun, dan transaksi penjualan dalam booth sebesar Rp434,30 juta.

“Capaian transaksi business matching ini berasal dari fasilitas pembiayaan perbankan syariah, lembaga ziswaf dan business to business antara pelaku UMKM dengan calon investor/lembaga keuangan. Diharapkan ini bisa mendorong bergeraknya roda perekonomian kita di tengah kondisi pandemi,” ujarnya dalam rilis yang dikutip, Senin (12/10/2020).

Selain itu, dari gelaran Fesyar Jawa 2020 secara virtual itu tercatat ada animo masyarakat yang berkunjung yakni mencapai 71.952 pengunjung, baik pengunjung pameran, business coaching maupun seminar dan talkshow seperti terkait standarisasi produk, tata cara ekspor dan kepabeanan, digitalisasi sosmed, marketplace, HAKI hingga packaging produk.

Menurut Difi, kunjungan tersebut mencerminkan bahwa masyarakat dan UMKM mulai aware bahwa peningkatan kapasitas SDM dan pemahaman terhadap regulasi yang menjadi faktor kunci selain peningkatan kualitas produknya.

“Besarnya peran perbankan syariah dan lembaga pengelolaan dana sosial dalam pencapaian transaksi booth dan business matching juga menunjukkan menguatnya peran perbankan syariah dan lembaga pengelolaan dana sosial dalam mendukung bergeraknya roda perekonomian,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top