Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3.845 Penumpang Kereta Api di Madiun Manfaatkan Rapid Test Corona

Pelayanan tes cepat disediakan di Stasiun Madiun, wilayah Daop 7 Madiun, sejak 30 Juli 2020.
Layanan rapid test di Stasiun Madiun untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan kereta api pada masa adaptasi kebiasaan baru./Antara
Layanan rapid test di Stasiun Madiun untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan kereta api pada masa adaptasi kebiasaan baru./Antara

Bisnis.com, MADIUN -  PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun mencatat sebanyak 3.845 orang penumpang kereta jarak jauh memanfaatkan layanan tes cepat di Stasiun Madiun sejak layanan tersebut disediakan.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengatakan pelayanan tes cepat unruk mendeteksi Virus Corona penyebab Covid-19 disediakan di Stasiun Madiun, wilayah Daop 7 Madiun, sejak 30 Juli 2020.

"Hingga hari Kamis tanggal 17 September 2020, genap 50 hari layanan rapid test (tes cepat) disediakan di Stasiun Madiun, wilayah Daop 7 Madiun. Layanan itu kami sediakan untuk memberikan kemudahan pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya," ujarnya di Madiun, Kamis (17/9/2020).

Jumlah 3.845 orang penumpang kereta yang memanfaatkan layanan tes cepat tersebut masih 32 persen dari total jumlah penumpang kereta jarak jauh yang naik dari Stasiun Madiun mulai 30 Juli sampai 17 September 2020 yang tercatat sebanyak 12.019 orang.

Ixfan mengimbau seluruh penumpang kereta untuk memanfaatkan layanan tes cepat yang telah disediakan di stasiun tersebut, karena di samping harganya lebih murah, pelayanannya pun cukup cepat.

Namun demikian, para pelanggan diharapkan melakukan tes cepat sebelum hari H atau minimal tiga jam sebelum keberangkatan keretanya.

"Sedangkan pelanggan yang berhak melakukan rapid test di stasiun yang ditunjuk adalah yang telah memiliki kode booking tiket kereta jarak jauh," katanya.

Penyediaan layanan tes cepat di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

"Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," kata Ixfan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan tes cepat Covid-19 seharga Rp85.000 di berbagai stasiun untuk pelanggan yang akan naik kereta api jarak jauh.

Layanan tersebut adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Adapun, layanan tes cepat telah tersedia di 14 stasiun, dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 sampai dengan 19.00 WIB.

Stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Jember, dan Ketapang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper