Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Konser Musik Jatim 12 September Akhirnya Batal Digelar

Pemprov Jatim bukanlah sebagai inisiator acara maupun penyelenggara uji coba konser.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 10 September 2020  |  14:46 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) usai melakukan pertemuan tertutup dengan mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (kanan) di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (12/08/2020) petang. - Antara
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) usai melakukan pertemuan tertutup dengan mantan Wagub Jatim Saifullah Yusuf (kanan) di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Rabu (12/08/2020) petang. - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa rencana gelaran konser musik di kawasan wisata Ngopibareng Pintu Langit, Prigen, Pasuruan pada 12 September 2020 telah dibatalkan.

"Wacana uji coba konser resmi dibatalkan. Waktunya ditinjau ulang. Pihak inisiator akan pastikan dulu bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia dan Jatim telah terkendali penuh sambil menyiapkan format acara yang aman untuk semua," katanya dalam rilis, Kamis (10/9/2020).

Meski begitu, katanya, Pemprov Jatim bukanlah sebagai inisiator acara maupun penyelenggara uji coba konser. Apalagi konser yang akan mendatangkan penyanyi Ari Lasso itu masih dalam taraf wacana dengan kajian.

Khofifah menjelaskan, kedatangan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul pada Agustus lalu konteksnya hanya dalam rangka mendiskusikan agar bisa menyelenggarakan konser yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan sehingga tidak terjadi penularan Covid-19 bagi audiens maupun masyarakat di sekitarnya tetapi industri kreatif bisa bergerak.

Kedatangan Gus Ipul juga untuk membicarakan upaya Pemprov Jatim dalam membangkitkan ekonomi bagi para pelaku industri kreatif, pekerja seni dan pariwisata. Sebagai informasi, kelompok seniman dan pariwisata menjadi sektor yang sangat terdampak mengingat pemasukan mereka turun hingga 80 persen.

Di sisi lain, kata Khofifah, adanya pandemi Covid-19 ini menuntut semua pihak harus beradaptasi untuk bertahan dan menyeimbangkan antara kesehatan dan ekonomi.

Saat ini, tambahnya, bahkan sudah ada format konser yang aman seperti yang telah dilakukan di Inggris dan Korea Selatan. Inggris dan Korea Selatan sudah berhasil mengadakan uji coba konser physical distancing yakni konser dilakukan outdoor dan penonton dibatasi dalam platform besi supaya bisa berjarak 2 meter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top