Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BCA Gandeng BPR Salurkan KUR ke Sektor UMKM

BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerja sama sebesar Rp20 miliar.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 03 September 2020  |  12:28 WIB
Kepala Kantor Wilayah VII BCA Rudy Kurniawan (kanan) di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama antara BCA dan BPR Karya Perdana Sejahtera (KPS) dalam penyaluran KUR untuk peternak sapi di Bumi Kemitraan PT Santosa Agrindo (Santori), Kec. Ngajum, Kab. Malang, Selasa (1/9/2020). - Istimewa
Kepala Kantor Wilayah VII BCA Rudy Kurniawan (kanan) di sela-sela penandatanganan perjanjian kerja sama antara BCA dan BPR Karya Perdana Sejahtera (KPS) dalam penyaluran KUR untuk peternak sapi di Bumi Kemitraan PT Santosa Agrindo (Santori), Kec. Ngajum, Kab. Malang, Selasa (1/9/2020). - Istimewa

Bisnis.com, MALANG - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggandeng BPR untuk menyalurkan KUR lewat kerja sama channeling.

Kepala Kantor Wilayah VII BCA Rudy Kurniawan mengatakan perseroan berkomitmen untuk terus mendukung program pemerintah, salah satunya dengan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) di berbagai sektor usaha.

“Kali ini, BCA melakukan perjanjian kerja sama channeling KUR dengan BPR Karya Perdana Sejahtera (KPS) yang juga berkaitan erat dengan PT Santosa Agrindo (PT Santori)sebagai mitra UMKM peternak sapi,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (3/9/2020).

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara BCA dan BPR Karya Perdana Sejahtera (KPS) dalam penyaluran KUR untuk peternak sapi di Bumi Kemitraan PT Santosa Agrindo (Santori), Kec. Ngajum, Kab. Malang, Selasa (1/9/2020)

Menurut dia, dukungan BCA terhadap sektor UMKM terus digalakkan demi membantu industri tetap berjalan di tengah proses pemulihan pandemi Covid-19.

Hal ini tentu sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyeimbangkan kembali roda perekonomian Indonesia. Kerja sama dengan pola channeling bersama BPR KPS ini bertujuan untuk membantu usaha masyarakat di daerah Gunung Kawi, Malang, yaitu usaha pembesaran sapi mengingat BPR KPS juga bekerjasama dengan PT Santori yang akan melakukan alih teknologi ke peternak sekaligus berperan sebagai offtaker.

Melalui kerja sama ini, BCA menyalurkan KUR dengan plafon kerja sama sebesar Rp20 miliar. BPR KPS merupakan salah satu BPR terbesar di Sidoarjo.

Dalam operasionalnya, BPR KPS bermitra dengan PT Santori. PT Santori merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pembesaran sapi yang bermitra dengan UMKM peternak sapi.

“Upaya pemulihan ekonomi Indonesia sejak adanya pandemi Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab berbagai pihak termasuk BCA,” ucapnya.

Dengan adanya kerja sama ini, kata dia, membuktikan BCA terus berkomitmen mendukung program pemerintah dalam swasembada sapi sekaligus dapat turut membantu usaha masyarakat agar lebih produktif, hingga akhirnya dapat turut menggerakkan roda perekonomian Indonesia.

Direktur Utama BPR KPS Arief Santoso, mengatakan pihaknya sudah berpengalaman sebagai bank channeling dalam penyaluran kredit unggas, yakni peternakan ayam. Namun untuk penyaluran kredit UMKM bagi peternak sapi, baru kali pertama.

“Tapi dilihat dari skema akan lebih mudah dan aman karena skemanya ada off taker-nya, yakni PT Santori serta ternak sapinya diasuransikan,” ujarnya.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca kur peternakan
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top