Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mencari Pemimpin Surabaya Sekaliber Risma

PDIP pun menargetkan kemenangan setidaknya di 13 kabupaten/kota.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menggelar jumpa pers di rumah dinasnya Jl. Sedap Malam, Jumat (28/8/2020)./Antara
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menggelar jumpa pers di rumah dinasnya Jl. Sedap Malam, Jumat (28/8/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, berita soal pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak  tahun 2020 masih mendapat porsi di media massa, meski  tak segencar berita seputar Virus Corona.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan Pilkada Serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Pilkada kali ini diikuti 270 daerah dengan perincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Di Provinsi Jawa Timur tercatat ada 19 Kabupaten dan Kota yang melaksanakan pemilihan kepala daerah yaitu Kota Surabaya, Kota Blitar, Kota Pasurua,  Kabupaten Sumenep, Terenggalek, Banyuwangi, Blitar, Malang, Ngawi, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Ponorogo, Paciatan, Sidoarjo, Jember, Situbondo, Gresik dan Kediri.

PDIP pun menargetkan kemenangan setidaknya di 13 kabupaten/kota. Untuk itu, Ketua Umum DPP DPIP Megawati Soekarnoputri, mengutus para elite PDIP turun ke Surabaya untuk melakukan konsolidasi, di antaranya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Djarot Saiful Hidayat, Tri Rismaharini, Arif Wibowo.

 “Jawa Timur ditargetkan kemenangan setidaknya 13 kabupaten/kota. Ini positif dan dengan gotong royong kita capai target tersebut dengan penuh keyakinan,” tegas Hasto dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu (30/8/2020).

Dari 13 kabupaten/kota yang ditargetkan menang, Kota Surabaya menjadi sorotan, karena hingga kini PDIP belum mengumumkan calon pengganti Risma. Meski demikian, tak berarti PDIP belum memiliki calon.

Setidaknya demikian pesan dari Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani yang menunjukkan sebuah amplop tertutup  usai membacakan 4 pasangan calon gubernur-wakil gubernur dan 58 calon wali kota/bupati PDIP di pengumuman gelombang IV yang dilaksanakan secara virtual, Jumat (28/8/2020).

DPP PDIP sudah menentukan nama calon wali kota-calon wakil wali kota yang akan maju di Pilkada Kota Surabaya, Jawa Timur. Namun, namanya masih belum dibuka ke publik dan masih tersimpan di dalam sebuah amplop.

"Jadi, terkait dengan Kota Surabaya, DPP PDI Perjuangan tentu saja sudah mempunyai nama yang akan dimasukkan sebagai calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. Jadi, sebagai informasi, bahwa PDI Perjuangan siap untuk maju di kota Surabaya," kata Puan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Panen Penghargaan
Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper