Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Memberikan Diskon 17 Persen dalam Rangka HUT Republik Indonesia

Diskon tarif tersebut berlaku untuk setiap transaksi tanpa dikenakan minimum berat angkutan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Agustus 2020  |  23:24 WIB
Kereta Api Angkutan Barang. - KAI
Kereta Api Angkutan Barang. - KAI

Bisnis.com, MADIUN - PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) memberikan diskon sebesar 17 persen untuk angkutan pengiriman barang melalui jasa Rail Express dalam rangka memeriahkan peringatan ke-75 HUT Republik Indonesia terhitung sejak Sabtu (8/8/2020) hingga Senin (31/8/2020).

"Diskon tarif tersebut berlaku untuk setiap transaksi tanpa dikenakan minimum berat angkutan. Selama periode diskon tarif peringatan ke-75 HUT RI, ketentuan diskon lainnya tidak berlaku," ujar Manager Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Jumat (7/8/2020).

Menurut dia, untuk wilayah Daop 7 Madiun, tercatat ada beberapa stasiun yang membuka pelayanan angkutan barang melalui Rail Express. Yakni di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Kediri, Tulungagung, dan Blitar. Sejumlah pelaku usaha telah banyak memanfaatkan jasa Rail Express tersebut.

"Seperti angkutan untuk pengiriman bawang merah dari Nganjuk, tahu susu dari Kertosono, telur dan ikan koi dari Blitar," kata dia.

Untuk syarat dan ketentuan pengiriman yang diberlakukan yaitu, barang harus dikemas dengan baik dan benar sesuai dengan jenis barang tersebut. Lalu, barang diberi tanda atau petunjuk informasi barang (nama, alamat dan nomor telepon pengirim dan penerima barang) serta keterangan perlakuan terhadap barang.

"Ketentuan berat minimum pengiriman barang sebesar 5 kilogram, sehingga barang dengan berat kurang dari 5 kilogram akan dikenakan tarif sesuai berat minimum 5 kilogram," katanya.

Selama ini pengiriman barang yang dilayani melalui Rail Express di antaranya adalah dokumen, hewan air, sepeda, sepeda motor, produk UMKM, produk industri dan "e-commerce".

Untuk pengiriman hewan, lanjutnya, hewan yang dikirim wajib menggunakan standar "petcargo/petcarrier/kennelbox" sesuai jenis hewan yang dikirim dan segala akibat yang terjadi atas hewan yang dikirim. Antara lain, cacat, mati dan lain sebagainya menjadi tanggung jawab pengirim sepenuhnya.

"Namun selama masa pandemi Covid-19 ini, pengiriman hewan belum dapat dilakukan, kecuali pengiriman ikan hidup," terang Ixfan.

Adapun waktu pelayanan operasional untuk penerimaan barang di stasiun asal paling lambat adalah dua jam sebelum KA berangkat dan waktu pengambilan barang di stasiun tujuan paling lambat 12 jam setelah KA tiba.

Ixfan menambahkan, Rail Express merupakan produk jasa pengiriman barang yang dikelola oleh PT KAI menggunakan kereta bagasi yang dijalankan khusus sebagai KA Parcel One Night Service (ONS) dengan kapasitas 250 ton, maupun dirangkaikan pada KA Barang Hantaran Potongan (BHP).

"Dengan adanya Rail Express ini kita bisa mudah mengirimkan barang dengan murah, cepat, dan aman. Hal ini mengingat kereta api memiliki jalur rel khusus. Diharapkan, masyarakat bisa memanfaatkan layanan promo potongan harga selama masa berlaku," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api HUT RI HUT Kemerdekaan RI

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top