Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penjualan Mobil di Jatim, Begini Kinerja Mitsubishi dan Toyota

Adanya kenaikan penjualan di tengah pandemi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 04 Agustus 2020  |  07:53 WIB
Ilustrasi perakitan kendaraan.
Ilustrasi perakitan kendaraan.

Bisnis.com, SURABAYA – PT Sun Star Motor, diler mobil Mitsubishi di Indonesia tetap optimistis penjualan mobil sampai akhir tahun ini bisa tumbuh positif meski sektor otomotif terdampak pandemi Covid-19.

GM Operation Sun Star Motor wilayah Jatim Bali, Alfa Wijaya mengatakan memang penjualan mobil di Jatim selama semester I/2020 secara umum mengalami penurunan tajam akibat pandemi. Namun bagi Mitsubishi di Jatim sebaliknya, selama semester I tetap membukukan kinerja positif yakni mengalami pertumbuhan 7 persen.

“Adanya kenaikan penjualan di tengah pandemi ini menjadikan kami lebih optimistis sampai akhir tahun. Kalau dilihat selama semester I, kenaikan penjualan tertinggi terjadi pada April 2020,” jelasnya, Senin (3/8/2020).

Dia menjelaskan adanya peningkatan penjualan pada Januari-Juni lalu tersebut salah satunya juga karena ada proyek pemerintah yang memutuskan untuk mengganti ratusan kendaraan operasionalnya dari merek lain menjadi Mitsubishi.

“Kondisi ini tentunya membuat porsi fleet market Mitsubishi saat ini menjadi 25 persen, disusul pikap L300 mulai ada permintaan karena sektor riil sudah mulai menggeliat lagi,” imbuhnya.

Alfa mengatakan seiring dengan keyakinannya, serta mulai bergeraknya perekonomian masyarakat, pihaknya pun lebih agresif melakukan ekspansi diler baru Mitsubishi Motors di kawasan A. Yani Surabaya pada 3 Agustus 2020.

Senada dengan Mitsubishi, Toyota Jatim memilih optimistis pada semester II/2020 setelah sempat terjun bebas di semester I/2020. Sepanjang 2020, Toyota Jatim pun menargetkan bisa menjual 10.666 unit.

“Di semester I ini penjualan kita hanya 9.535 unit, jumlah ini turun dibandingkan periode sama tahun lalu yang tembus 16.395 unit. Namun kami tetap optimistis di semester II ini seiring dengan mulai meningkatnya aktivitas ekonomi di masyarakat,” ujar Kepala Cabang Auto2000 Kertajaya Faris Henky.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil toyota mitsubishi jatim
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top