Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Seluruh Nakes di UGD RSUD Caruban Diisolasi, Salah Satunya Positif Covid-19

Seluruh nakes yang bertugas di UGD yakni 42 orang.
Ilustrasi UGD./Antara-Ahmad Subaidi
Ilustrasi UGD./Antara-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, MADIUN - Seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Unit Gawat Darurat (UGD) RSUD Caruban, Kabupaten Madiun dilakukan tes swab setelah ada salah satu nakes terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruh nakes di UGD tersebut juga melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing.

Anggota Tim Satgas Covid-19 RSUD Caruban, Didik Indrawanto, mengatakan seluruh nakes yang bertugas di UGD yakni 42 orang. Sebanyak 30 orang merupakan tenaga perawat dan dokter, sedangkan 12 orang lainnya merupakan tenaga administrasi serta petugas kasir.

Seluruh nakes di UGD ini menjalani tes swab karena ada salah satu petugas yang terkonfirmasi positif. Seluruh nakes di UGD ini menjalani tes swab pada 9 Juli 2020. Saat itu ada satu nakes yang terpapar virus corona.

Lantaran ada yang terkonfirmasi positif, tes swab pun diulangi satu kali lagi pada tanggal 16 Juli 2020. Hasilnya keluar pada tanggal 22 Juli 2020, satu nakes yang sebelumnya terpapar pada tes swab kedua juga terkonfirmasi positif. Sedangkan nakes lainnya negatif, alias tidak terpapar Covid-19.

“Seluruh nakes yang bertugas di UGD menjalani isolasi mandiri di rumah,” kata dia saat jumpa pers di gedung pertemuan RSUD Caruban, Jumat (24/7/2020).

Didik menyampaikan ruang UGD rumah sakit itu tetap berjalan seperti biasa dengan tenaga kesehatan yang bertugas diambil alih oleh nakes dari ruangan lain. Pihak rumah sakit mengalihkan nakes dari ruangan lain karena selama pandemi berlangsung, tingkat kunjungan di ruangan lain juga berkurang drastis.

“Menjalani tes swab hingga menunggu hasilnya itu kan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi selama nakes UGD dikarantina, petugas di UGD di-backup nakes dari ruangan lain. Ruangan yang sepi itu ditutup sementara dan nakesnya dialihkan ke UGD,” jelasnya.

Dia menegaskan selama proses karantina seluruh nakes, pelayanan di ruang UGD tetap berlangsung seperti biasa. Direncanakan pada Senin (27/7/2020), seluruh nakes yang menjalani karantina mandiri telah kembali bertugas di UGD.

Sehingga ruang UGD yang sebelumnya di-backup oleh nakes dari ruangan lain akan kembali seperti semula. Namun, untuk nakes yang terkonfirmasi positif masih menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Caruban.

Pria yang juga menjadi dokter rumah sakit pelat merah ini menuturkan ada tiga nakes RSUD Caruban yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga nakes yang terpapar ini adalah seorang dokter dan dua orang perawat.

“Kalau total nakes RSUD Caruban yang terkonfirmasi positif ada empat orang. Yang satu nakes sudah sembuh, tiga nakes masih menjalani isolasi di rumah sakit,” kata Didik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Jalil
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper