Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Blitar Berkomitmen Dukung Pengembangan Koperasi dan UMKM

Pemkab berharap agar UMKM bisa berinovasi dan mencari peluang usaha, terutama di era pandemi ini.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  06:20 WIB
Bupati Blitar Rijanto (dua dari kiri) pada  Webinar 'Peningkatan Peran Koperasi dalam Mengembangkan UMKM' di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (15/07/2020) lalu. - Istimewa
Bupati Blitar Rijanto (dua dari kiri) pada Webinar 'Peningkatan Peran Koperasi dalam Mengembangkan UMKM' di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (15/07/2020) lalu. - Istimewa

Bisnis.com, BLITAR — Pemkab Blitar berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan koperasi dan UMKM agar lebih berdaya dan berkembang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Blitar Ulfie Zulfiqar Zuqsas mengatakan koperasi dan UMKM sebagai institusi ekonomi rakyat sangat bisa diandalkan pemerintah sebagai motor penggerak perekonomian.

“UMKM dan koperasi harus segera bangkit dan berjuang untuk kembali berperan dalam perekonomian, khususnya di daerah,” katanya dihubungi, Senin (20/7/202).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Blitar dalam pengembangan koperasi dan UMKM a.l dengan adanya regulasi kebijakan dari pemda “Ayo Beli Produk Blitar”, maka Pemkab mewajibkan aparatur sipil negara untuk membeli produk UMKM dari Kab. Blitar.

Pemkab juga memberikan bantuan sosial pada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 dengan cara membeli hasil produk pelaku UMKM di Kab. Blitar. Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh pelaku uisaha mikro kecil menengah untuk mengangkat mereka dari keterpurukan dari dampak Covid-19.

“Di sisi lain, Pemkab berharap agar UMKM bisa berinovasi dan mencari peluang usaha, terutama di era pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar menggelar Webinar ‘Peningkatan Peran Koperasi dalam Mengembangkan UMKM’ di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Rabu (15/07/2020).

Acara yang digelar dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke-73 dan Hari UMKM Nasional ke-5 ini, menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di bidangnya termasuk Bupati Blitar Rijanto, Ketua Umum Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) Sri Untari Bisowarno, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia dan dari Bukalapak Blitar Alfian Andri Trianto.

Dalam kesempatan itu, Bupati Blitar Rijanto menegaskan komitmennya untuk siap mendukung terkait peran koperasi mengembangkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan meminta peran koperasi untuk terus dioptimalkan.(K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

koperasi blitar kabupaten blitar
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top