Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD Jelaskan Formula Penanganan Covid-19 di Indonesia

Bauran kebijakan kesehatan, ekonomi dan sosial diharapkan bisa menjaga kohesi sosial di tengah pandemi Covid-19 saat ini.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 06 Juni 2020  |  11:27 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD. - Antara/Jojon
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD. - Antara/Jojon

Bisnis.com, SURABAYA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD berpendapat Covid-19 merupakan realitas, suatu keniscayaan yang harus dihadapi ke depan.

Oleh karena itu, masyarakat harus berubah untuk menghadapi kondisi baru tersebut. Melakukan penyesuaian baru yang sama sekali berbeda dengan cara-cara hidup sebelumnya.

"Covid-19 adalah realitas. Maka ada istilah adaptasi, new normal, pelonggaran," jelasnya dalam silaturahmi Ikatan Alumni Universitas Brawijaya yang digelar virtual, Sabtu (6/6/2020).

Mahfud MD menjelaskan Covid-19 merupakan soal kesehatan masyarakat. Hanya saja sebagai pandemi, problem ini berarti berpotensi tetap ada. Tidak ada yang tahu bagaimana menghilangkan problem ini dan kapan berakhirnya.

"Makanya awal-awal pendekatannya karantina, termasuk PSBB. Orang dikurung (tinggal di rumah). Tapi kalau lama bisa menimbulkan masalah ekonomi, psikologis," jelasnya.

Selain problem kesehatan, Covid-19 merupakan problem ekonomi. Pemerintah memang bisa menyediakan program sosial, insentif ekonomi. Hanya saja kemampuan itu memiliki batas waktu.

Adapun problem virus corona baru juga berkaitan dengan kehidupan sosial. Akan banyak kebiasaan berubah dalam menjalani hidup bersama virus ini.

Meski banyak kontroversi penanganan problem ini, pemerintah mengambil sikap. Pasalnya, bila mengikuti kontroversi tidak akan pernah selesai. "Pemerintah dibentuk untuk mengatasi perbedaan. Nah, pemerintah mengambil kebijakan normal baru menyesuaikan dengan kondisi daerah," tuturnya.

Mahfud menegaskan bauran kebijakan kesehatan, ekonomi dan sosial diharapkan bisa menjaga kohesi sosial di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md universitas brawijaya Virus Corona covid-19
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top