Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Warga Jatim, Pelindo III Sumbang 50.000 Alat Rapid Test

Tahap pertama Pelindo III melakukan rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo Jawa Timur, dan selanjutnya Pelabuhan Penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Pelindo III juga akan melakukan jemput bola melakukan test di zona-zona yang masih dianggap merah.a
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  21:30 WIB
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019). - ANTARA/Didik Suhartono
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Tahap pertama Pelindo III melakukan rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo Jawa Timur, dan selanjutnya Pelabuhan Penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Pelindo III juga akan melakukan jemput bola melakukan test di zona-zona yang masih dianggap merah.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan pihaknya dalam waktu dekat secara berkala akan menggelar rapid test, dengan harapan bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi peta persebaran Covid-19 di Jawa Timur. Untuk tahap awal akan dilaksanakan pengetesan 5.000 rapid test.

“Kami akan melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Jadi tim kami bekerja sama dengan gugus tugas pemerintah daerah setempat yang akan datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran Covid-19,” katanya, Kamis (28/5/2020).

Pihaknya ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapat fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Upaya tersebut merupakan dukungan nyata Pelindo III membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19. Terlebih, angka penderita Covid-19 di Jawa Timur masih belum menunjukkan tren menurun. Untuk pelaksanaannya, Pelindo III menunjuk anak perusahaan, yaitu RS PHC Surabaya.

Kepala Otoritas Pelabuhan Kelas Utama Pelabuhan Tanjung Perak M. Dahri mengatakan Kementerian Perhubungan menyambut baik bantuan rapid test Covid-19 yang dilakukan secara bertahap oleh Pelindo III untuk masyarakat maritim di Jawa Timur.

“Aturannya, untuk memutus penyebaran Covid-19 hingga ke daerah setiap calon penumpang harus menyertakan hasil rapid test. Kami berterima kasih pada Pelindo III yang menyediakan rapid test gratis. Ini sangat membantu sekaligus sebagai bentuk sosialisasi pelayanan baru di pelabuhan penumpang.”

Pelindo III terus berkoordinasi dengan gugus tugas dan pemerintah daerah untuk membahas teknis pelaksanaan bantuan 50.000 rapid test gratis tersebut.

Doso Agung juga mengatakan, pihaknya terus memperkuat teknis penanganan Covid-19 melalui RS Pelindo III yaitu RS PHC Surabaya dengan membangun Laboratorium Swab PCR dan menambah fasilitas ruang isolasi dari 17 ruang menjadi 200 ruang isolasi untuk penanganan pasien Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii rapid test
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top